Pola Makan Buruk yang Perlu Dihindari Ibu Hamil

By Gisela Niken, Kamis, 29 September 2016 | 03:15 WIB
Ada beberapa jenis makanan buruk untuk ibu hamil yang perlu diperhatikan (Foto: Food Navigator) (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Makanan menjadi kunci kesehatan bagi ibu hamil. Gaya hidup yang sehat serta pola makan yang tepat dapat membantu Mama memiliki kehamilan yang lebih sehat. Kehamilan sangat berisiko membuat Mama memiliki masalah kesehatan dan aneka komplikasi. Jadi ada baiknya Mama menghindari makanan yang buruk untuk ibu hamil berikut ini.

Baca juga: 5 kesalahan makan yang paling sering dilakukan ibu hamil

Saat hamil Mama perlu secara hati-hati saat mengonsumsi daging. Mama harus memasak daging dengan matang benar-benar. Bakteri penyebab penyakit berada di aneka daging dan membutuhkan proses kematangan yang sempurna untuk mencegah infeksi. Begitu pula dengan sayuran. Salad dan makanan lain tanpa proses sayur yang dimasak perlu dihindari. Mama perlu memilih sayuran segar dan tidak terpapar mikroba berbahaya seperti pestisida.

Baca juga: 6 masalah makan ibu hamil

Memasak dengan matang memang harus menjadi perhatian Mama yang sedang hamil. Ikan mentah juga berbahaya bagi Mama yang sedang hamil. Kandungan merkuri dalam aneka makanan laut dapat menganggu kesehatan Mama hamil. Telur juga perlu dimasak dengan matang. Infeksi mikroba sangat berisiko jika Mama mengonsumsi telur dengan setengah matang.

Terlalu banyak mengonsumsi gula juga perlu dihindari oleh Mama. Es buah atau jus menjadi jenis minuman yang kerap menipu. Meski mengandung buah-buahan, minuman olahan telah mengandung gula yang berbahay untuk kehamilan. Terlalu banyak minum dingin juga berpotensi pada penyebaran virus flu. Selain itu, minuman yang mengandung kafein perlu dibatasi. Tidak hanya kopi, aneka minuman olahan seperti teh dalam kemasan juga mengandung kafein.

Baca juga: Ibu hamil tak perlu banyak makan

Mama juga perlu berhati-hati dalam memilih makanan karena dapat menganggu sistem pencernaan. Makanan terlalu pedas misalnya perlu dihindari karena dapat membuat gangguan pencernaan. Gunakan rempah-rempa yang lebih ringan untuk memastikan pencernaan aman. Tidak hanya jenis makanan yang buruk untuk ibu hamil, Mama juga dianjurkan untuk tidak makan dalam porsi berlebihan. Porsi makan yang berlebihan akan menyebabkan gangguan pencernaan dan obesitas.