Ini Tahap Perkembangan Anak Usia 4 Tahun yang Normal Terjadi

By Gisela Niken, Kamis, 29 September 2016 | 23:15 WIB
Yang Bisa Mama Lakukan untuk Membantu Perkembangan Motorik Halus Anak (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Tidak hanya pertumbuhan fisik, salah satu faktor yang perlu Mama perhatikan adalah perkembangan anak. Perkembangan meliputi keterampilan sosial, perkembangan bahasa hingga motorik. Penting bagi Mama untuk memantau perkembangan anak untuk memastikan ia tidak mengalami keterlambatan tumbuh kembang. Berikut tahap perkembangan anak usia 4 tahun yang biasa dan normal terjadi.

Baca juga: Tahap perkembangan bahasa anak

Keterampilan sosial

Pada usia ini mereka mungkin lebih banyak menuntut. Namun tak perlu khawatir sebab di usia ini ia sudah mulai bisa diajak kerja sama sebab mereka sudah lebih memahami apa yang Mama katakan. Anak juga bisa saja terlihat lebih emosional karena sudah memiliki kosa kata yang lebih kaya. Meski begitu, anak sudah mulai mengenal teman dan bisa bermain dengan teman sebaya.

Anak juga mulai merasakan emosi di sekitarnya. Jadi ia akan belajar bersimpati terhadap orang di sekitarnya yang mengalami sakit atau kesedihan. Ia juga sudah memahami konsep-konsep umum seperti makanan, uang dan waktu. Pengetahuan yang semakin luas membuat anak di usia ini kerap berimajinasi dan senang mengarang cerita. Mereka juga sangat senang dengan nyanyian, tarian serta musik.

Baca juga: 6 tahapan perkembangan bermain anak

Keterampilan motorik

Anak sudah masuk ke dalam tahap melompat dan berlari dengan lancar. Anak juga bisa mengatur keseimbangan. Hal ini terlihat dari mereka yang mampu berdiri dan berjalan dengan satu kaki. Koordinasi tangan anak juga mulai baik sehingga ia sudah bisa melempar bola dan menggunakan alat makan dengan benar. Anak juga melakukan gerakan gerakan yang cukup sulit seperti naik turun tangga, memanjat dan lain-lain.

Keterampilan motorik juga senang menulis dan menggambar. Ia bisa membuat lingkaran, persegi dan segitiga. Anak juga cenderung senang memainkan permainan yang memotong, membangun dan memasang-masangkan. Secara umum, di usia ini keterampilan motoriknya jauh lebih membaik.

Baca juga: Perkembangan menggambar anak sesuai usia

Keterampilan bahasa

Tahap perkembangan anak usia 4 tahun yang tak kalah penting adalah kemampuan bahasanya. Anak di usia ini seharusnya sudah bisa menghitung angka hingga 10. Kosa kata yang dimiliki bisa mencapai lebih dar 1.000 kata. Beberapa huruf dan warna juga sudah bisa disebutkan olehnya. Si kecil juga lebih memahami perintah yang lebih kompleks misalnya “Letakkan mainan itu di lemari dan ke ruang makan untuk makan,”