Pola Asuh Tepat untuk Si Aktif yang Selalu Ingin Tahu

By Gisela Niken, Jumat, 30 September 2016 | 00:00 WIB
Terapkan Pola Asuh Ini agar Si Kecil Paham Etika Bersosialisasi (Ajeng )

Tabloid-Nakita.com – Masuk ke usia 4 tahun, anak menjadi sosok yang lebih dewasa. Ia tak lagi rewel dan mudah menangis. Masalah emosi anak sudah mulai membaik dibanding usia sebelumnya. Namun, anak di usia ini cenderung lebih aktif dan ingin belajar segala hal. Pola asuh yang tepat untuk anak sangat penting untuk membantu tumbuh kembangnya sebab di usia ini otak sedang berkembang cukup pesat.

Baca juga: 7 pola asuh penyebab anak jadi LGBT

Tahap pembelajaran menjadi hal yang penting untuk anak di usia ini. Dorong anak untuk terus semangat belajar dan kreativitas. Bawa anak ke kebun binatang, museum dan tempat-tempat yang baru. Berikan buku yang membuatnya memahami konsep-konsep umum seperti waktu, ukuran, hal-hal yang berlawanan. Mama harus menjadi sosok yang membantunya untuk belajar. Jangan merasa risih ketika anak sibuk bertanya sebab bertanya adalah cara bagi anak untuk belajar.

Anak yang gemar bertanya bisa saja menanyakan hal yang mungkin mengagetkan Mama seperti masalah seksual. Jangan memarahi anak atau menanggap anak tak boleh mengetahuinya. Jawab anak dengan jawaban sederhana. Gunakan kata-kata yang sederhana. Mama bisa mengajarkan pada anak mengenai daerah privat yang dimiliki oleh laki-laki ataupun perempuan. Hal ini akan mencegah anak menjadi korban kekerasan seksual.

Baca juga: 5 cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak laki-laki

Di usia ini penting bagi anak untuk belajar bersosialisasi. Dorong anak untuk berkenalan dengan banyak orang. Dengan berteman, anak akan menyadari nilai-nilai lain yang ia temui misalnya perbedaan agama dan latar belakang budaya. Jangan lupa untuk menjelaskan pada anak mengenai perbedaan tersebut. Selain itu, penting pula bagi Mama untuk mengajarkan aturan dan etika saat berteman. Misalnya saat bermain ke rumah teman atau saat memulai percakapan.

Selain perkembangan otak, anak di usia ini juga menjadi sangat aktif. Untuk itu, penting bagi Mama untuk menjaga keselamatan anak saat ia bergerak. Anak memang memiliki keterampilan motorik yang meningkat. Namun sayangnya belum sepenuhnya baik. Jadi Mama perlu tetap mengawasinya seperti saat berenang atau saat di tempat umum.

Baca juga: Pola asuh yang bikin anak terlambat bicara

Pola asuh yang tepat untuk anak juga tetap membutuhkan kedisiplinan. Mama perlu menjelaskan aturan yang Mama buat di rumah misalnya dalam saat makan atau waktu bermain. Hukuman tentu pantas untuk diberikan namun tetap dalam batas wajar dan tidak berlebihan. Mama perlu tetap sabar karena anak di usia ini masih perlu banyak belajar dan mengeksplorasi banyak hal.