Trik Mudah Agar Bebas Stres Saat Hamil

By Gisela Niken, Senin, 3 Oktober 2016 | 06:00 WIB
Memahami Stres Ibu Hamil (Faras)

Tabloid-Nakita.com – Kehamilan menjadi proses yang banyak tantangannya. Tidak hanya perubahan fisik, kehamilan juga menimbulkan masalah mental seperti stres. Kelelahan dan gangguan selama kehamilan membuat Mama pusing dan dapat berujung stres. Padahal stres saat hamil dapat mengancam kelancaran kehamilan dan kesehatan janin. Untuk itu, Mama bisa mengatasi stres saat hamil dan mencegahnya dengan beberapa trik berikut ini.

Baca juga: Stres dapat ganggu kehamilan

1.Percaya akan tubuh

Banyak Mama yang khawatir akan kesehatan kehamilan misalnya ibu hamil yang jadi rentan terkena flu. Atau saat berada di luar rumah, Mama akan merasa tidak aman atau takut akan mengalami masalah di jalan. Buang segala kecemasan tersebut karena tubuh memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri terhadap kondisi kehamilan. Mama hanya perlu menjaga sistem kerja tubuh berjalan dengan baik agar tubuh bisa melalui segala perubahan dengan baik.

2. Pola makan yang sesuai

Ternyata, pola makan yang sesuai juga berhubungan dengan stres saat kehamilan. Makan terlalu banyak dan tidak bergizi akan membuat Mama sering merasa tidak enak badan dan cenderung stres dengan kondisi tersebut. Untuk itu, enting bagi Mama untuk mengonsumsi makanan yang kaya protein, folat dan zat besi. Makanan tinggi serat juga penting untuk menghindari perut kembung dan sembelit.

Baca juga: Stres saat hamil ternyata ada manfaatnya untuk janin

3.Jauhi dari cedera

Saat hamil Mama akan mengalami perubahan seperti  mudah jatuh]dan berujung pada cedera. Untuk itu, Mama perlu meningkatkan kewaspadaan. Hindari kegiatan atau lokasi yang dapat menimbulkan cedera pada ibu hamil. Apalagi Mama mungkin jadi susah sembuh dari cedera ringan seperti keseleo. Rasa nyeri yang muncul akan menambah perasaan stres dan cemas terhadap kondisi kehamilan.

4. Segera atasi stres karena faktor lain

Stres selama kehamilan bukan saja seputar kesehatan Mama dan janin, stres juga mungkin disebabkan oleh stres pekerjaan atau hal lainnya. Untuk itu, penting bagi Mama untuk menjauhkan diri dari faktor stres dari hal-hal di luar kehamilan. Atasi dengan cara yang sesuai dengan kepribadian mama seperti yoga, mendengarkan musik dan kegiatan rileksasi lainnya.

Baca juga: Stres saat hamil menyebabkan anak autisme, benarkah?

5. Tetap bergerak

Ternyata, mengatasi stres saat hamil bisa dilakukan dengan tetap bergerak. Mama hamil minimal bergerak atau melakukan fisik seperti berjalan kaki selama 30 menit setiap hari. Olahraga teratur dapat mengurangi gejala umum seperti sakit punggung, sembelit dan morning sickness. Kondisi ini akan membuat Mama tidak khawatir dengan kesehatan selama kehamilan.