Studi: Manusia Ternyata Mampu Mengenali 5000 Wajah Sekaligus!

By Soesanti Harini Hartono, Selasa, 16 Oktober 2018 | 21:13 WIB
Setiap hari, kita menemui wajah-wajah yang berbeda. Mulai anggota keluarga, staf di rumah, tetangga, orang-orang asing di kendaraan umum, teman-teman di kantor, serta tokoh-tokoh masyarakat yang muncul di koran atau televisi. (Thinkstock)

Nakita.id.- Setiap hari, kita menemui wajah-wajah yang berbeda. Mulai anggota keluarga, staf di rumah, tetangga, orang-orang asing di kendaraan umum, teman-teman di kantor, serta tokoh-tokoh masyarakat yang muncul di koran atau televisi.

Semua itu bisa dikenali oleh kita dan tersimpan dalam memori di kepala.

Yang menakjubkan, sebuah studi di Inggris telah mendeteksi bahwa  manusia mengenali 5.000 wajah yang ditemuinya.

Baca Juga : Seorang Laki-Laki Tersiksa Selama 20 Tahun Karena Memiliki Wajah Seperti Singa, Begini Kisah Akhirnya

Berawal dari sejarah peradaban manusia, dimana kita berada dalam kelompok-kelompok kecil yang terdiri 100 atau lebih individu, dan polanya telah berubah drastis dalam beberapa abad terakhir.

Sebuah penelitian oleh para ilmuwan di Universitas York di Inggris menemukan bahwa kemampuan pengenalan wajah kita memungkinkan kita untuk memproses ribuan wajah yang kita temui di lingkungan sosial yang sibuk, di smartphone dan layar televisi kita setiap hari.

"Dalam kehidupan sehari-hari, kita terbiasa mengidentifikasi teman, kolega, dan selebriti, dan banyak orang lain dengan wajah mereka.Tapi tidak ada yang tahu berapa banyak wajah yang sebenarnya dapat diketahui," kata Rob Jenkins, dari Departemen Psikologi York.

Baca Juga : Masker Pare, Detoks Kulit yang Bikin Wajah Moms Makin Bersinar

Untuk penelitian ini, yang diterbitkan dalam Journal Proceedings of the Royal Society, Jenkins dan timnya meminta peserta untuk menuliskan sebanyak mungkin wajah yang dapat mereka ingat dari kehidupan pribadi mereka.