Mengenal Kepribadian Anak Sejak Bayi, Ini Caranya

By Gisela Niken, Selasa, 4 Oktober 2016 | 04:30 WIB
Mama bisa mengenal kepribadian anak sejak bayi (Foto: What To Expect) (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Ternyata kepribadian anak bisa Mama kenali sejak si kecil berusia bayi. Sebagai sosok terdekat anak, Mama memiliki kemampuan untuk mengenal si kecil lebih dekat. Apalagi sikap dan kepribadian anak juga ditentukan dari faktor genetik artinya ada sikap yang dimiliki Mama dan Papa ada di dalam diri si kecil. Untuk itu, Mama perlu memerhatikan tanda-tanda berikut ini dalam mengenal kepribadian anak.

Baca juga; Tipe kepribadian sesuai sidik jari 

Anak yang senang bergerak dan tidak bisa diam sejak bayi tentu merupakan ciri anak yang aktif. Menggerakan kaki dan tangan lebih sering menunjukkan bahwa anak adalah sosok yang aktif. Selain itu, anak yang aktif juga cenderung tidak memiliki waktu tidur yang lama dan terlihat khawatir saat harus duduk diam saat makan. Di sisi yang lain, anak aktif cenderung lebih waspada dan cepat melakukan keterampilan baru.

Baca juga: Mengetahui pola asuh yang tepat sesuai kepribadian anak

Kepribadian lain yang kerap dialami anak adalah anak yang ceria. Bayi yang senang tersenyum, tertawa cekikikan dan mukanya selalu cerah menunjukkan ciri anak yang ceria. Namun, anak yang ceria juga bisa menunjukkan rasa tidak suka terhadap sesuatu. Selain itu, anak yang patuh pada jadwal sehari-hari yang Mama lakukan berarti merupakan sosok yang mudah diprediksi. Anak yang sulit diprediksi cenderung tidak mampu melakukan jadwal yang sama dan membutuhkan usaha lebih lembut untuk membuat anak lebih konsisten.

Bayi yang terlihat biasa saja di tempat baru kelak akan menjadi sosok yang mudah untuk beradaptasi. Biasanya anak dengan kondisi ini cenderung biasa saja dan tidak mengalami perubahan perilaku saat menghadapi tempat, orang atau bahkan mainan baru. Sementara anak yang berhati-hati cenderung melakukan tindakan berbeda sebagai bentuknya untuk beradaptasi.

Baca juga: Mengetahui kepribadian anak sulung, tengah dan bungsu

Anak yang terlalu sensitif juga ditandai dengan mudah terangsang terhadap rangsangan sensorik. Anak akan bereaksi keras dengan suara yang terlalu keras, lampu terang dan bau menyengat. Sementara anak yang santai  tidak akan merasa terganggu dengan hal-hal aneh di sekitarnya. Ternyata, mengenal kepribadian anak sudah bisa dilakukan sejak dini. Mengenal kepribadian anak juga berguna untuk pola asuh yang tepat untuk anak sebab tidak semua pola asuh tepat untuk kepribadian anak yang berbeda.