Cara Menurunkan Berat Badan Anak Tanpa Mengganggu Tumbuh Kembangnya

By Gisela Niken, Selasa, 4 Oktober 2016 | 06:15 WIB
Konsumsi serat dapat menurunkan berat badan anak (Foto; affinity health) (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Sebagian besar Mama memberikan makanan pada si kecil dengan memerhatikan lemak, kalori dan gula. Namun, banyak Mama yang tidak memahami pentingnya serat bagi anak. Serat menjadi cara untuk menurunkan berat badan anak yang alami dan tidak menganggu tumbuh kembangnya. Jadi, tak perlu khawatir untuk meminta anak diet karena ia tetap mendapatkan asupan gizi dari serat.

Baca juga: Berat badan bayi tidak bertambah bukan berarti kurang gizi

Anak yang lebih banyak makan serat cenderung akan lebih sedikit mengonsumsi lemak dan gula. Kondisi ini akan membuat berat badan mereka menjadi turun. Makanan kaya serat merupakan makanan yang rendah kalori dan membutuhkan waktu lama untuk mencerna sehingga anak akan lebih lama kenyang. Lebih lama kenyang akan membuat anak tidak makan berlebihan. Selain untuk menurunkan berat badan, serat juga memiliki manfaat bagi kesehatan anak lo.

Serat akan menjaga tingkat insulin yang stabil sehingga tubuh tidak menyimpan lemak yang tidak dibutuhkan. Kondisi ini akan membantu tubuh mengubah karbohdirat menjadi sumber energi bukan lemak. Selain masalah lemak dan energi, serat memiliki fungsi untuk mengontrol kolesterol dan membantu anak untuk terbebas dari penyakit serius seperti kanker.

Baca juga: Cara aman menurunkan berat badan anak

Berapa kira-kira serat yang dibutuhkan oleh anak setiap harinya? Mama cukup mengikuti rumus berikut ini: usia anak + 5. Misalnya si kecil berusia 4 tahun, artinya ia membutuhkan 9 gram serat setiap arinya. Selain serat, Mama juga perlu mendorong anak untuk mengonsumsi minum banyak air. Hal ini akan menjaga serat bergerak lancar dalam sistem pencernaan agar metabolisme berjalan lancar.

Baca juga: 4 penyebab berat badan anak susah naik

Untuk menurunkan berat badan anak dengan serat, Mama perlu mengganti dengan karbohidrat kompleks seperti gandum. Nasi juga bisa diganti dengan nasi merah sesekali. Selain roti, Mama bisa memberinya buah-buah berserat tinggi seperti mangga. Jadi, aneka makanan seperti pudding bisa Mama berikan potongan buah untuk menambah kandungan serat dalam makanannya.