Jika Anak Tidak Mau Lepas Dari Barang Kesayangan

By Gisela Niken, Selasa, 4 Oktober 2016 | 07:15 WIB
Jika anak tidak mau lepas dari barang kesayangan (foto; baby center) (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Si kecil mungkin mengalami kondisi berikut di mana ia sangat senang membawa sesuatu yang menjadi kesayangannya misalnya bantal atau boneka. Ia akan sangat marah jika tak ada barang tersebut bahkan ketika Mama mencucinya. Sebenarnya mengapa anak tidak mau lepas dari barang kesayangan? Adakah cara untuk mengatasi kondisi ini?

Baca juga: Kenali perilaku anak usia 2 tahun

Anak yang melekat pada objek tertentu biasanya terjadi pada usia 1 hingga 2 tahun. Hal ini disebabkan oleh benda tersebut bisa mebuat anak merasa aman dan nyaman. Barang ini bisa saja membuat anak menjadi lebih mandiri dan berani. Ketakutan yang dialami olehnya bisa teratasi dengan barang kesayangannya tersebut. Jadi, normal terjadi pada anak di usia ini untuk memiliki barang kesayangan yang dibawa ke mana-mana.

Baca juga: Kurang gizi bikin perilaku anak jadi buruk

Namun, Mama tak perlu khawatir biasanya di atas usia 2 tahun akan melepasnya. Kebiasaan ini juga tidak membahayakan kecuali ia tidak dapat bersosialisasi dengan orang lain karena hanya mau bersama barang kesayangannya.  Jika ia sulit untuk bersosialisasi dan hanya mau bermain dengan barang kesayangannya, ada baiknya Mama mencoba untuk melepasnya. Ada beberapa langkah yang bisa Mama lakukan untuk mengatasinya.

Mama perlu memberi batas misalnya boneka tersebut hanya untuk dibawa tidur dan tidak dibawa keluar rumah. Mama perlu memberi alasan logis misalnya akan repot baginya untuk membawa boneka atau barang tersebut kemana-mana. Minta si kecil untuk memilih tempat untuk meletakkan barangnya yang aman. Hal ini akan membuat anak tenang bahwa barang kesayangannya tidak akan hilang.

Baca juga: 5 langkah untuk mengubah perilaku buruk pada anak

Waktu yang sibuk akan membuat anak lupa sejenak dengan barang kesayangan. Saat waktu bermain, alihkan perhatian dengan mainan dan teman di sekitarnya. Berikan sesuatu yang lebih menarik jika anak tidak mau lepas dari barang kesayangan. Mama juga bisa meminta anak untuk mencuci barang kesayangannya. Sebab, barang yang kotor akan merusak kesehatannya termasuk saluran pernapasan. Libatkan anak dalam proses mencuci.