Ini yang Terjadi Jika Memakan 'Bagian Bersih' dari Roti Berjamur

By Riska Yulyana Damayanti, Jumat, 19 Oktober 2018 | 15:42 WIB
Bahaya memakan bagian bersih dari roti yang berjamur (fancycrave/ Pixabay.com)

Nakita.id - Banyak anggapan bahwa ketika makan makanan berjamur maka akan berakibat buruk bagi tubuh manusia.

Tapi, ternyata tidak semua makanan yang berjamur harus dibuang.

Untuk jenis makanan bertekstur keras dan tebal seperti keju parmesan, cheddar, wortel, dan daging asap, memotong area berjamur dan memakan sisanya dinyatakan masih dalam tahap sehat, apalagi bila dimasak sebelum disantap.

Baca Juga : Tampilan Rumah Uya Kuya yang Dikomentari Nagita Slavina Bak Kerajaan

Namun jika jamur ada dalam makanan lunak seperti krim keju, roti, anggur dan  buah lunak lainnya, sebaiknya jangan memakan makanan tersebut meskipun masih ada bagian yang tidak terkena jamur.

"Jamur menyebar melalui makanan lunak seperti anggur atau krim keju dan akan merusak seluruh bagian makanan. Namun untuk makanan padat dan keras seperti keju parmesan, cheddar, terbilang aman karena jamur tidak dapat menembus dan menyebar, " begitu jelas Susan Whittier, PhD, direktur layanan mikrobiologi klinis di New York Presbyterian yang dilansir dari Kompas.com.

Baca Juga : Perhatikan! Ini Ciri-ciri Orang yang Paling Disukai Nyamuk

Whittier melanjutkan, beberapa orang yang makan makanan yang berjamur meyebabkan dirinya sesak napas atau mengalami reaksi alergi.

Berarti jika Moms menemukan roti berjamur sebaiknya buang saja dan jangan sekali-kali mencoba untuk memakan bagian bersihnya.

Melansir dari Techinsider, meskpun jamur pada roti sudah dihilangkan namun akar jamur masih menyebar di bagian roti lainnya loh. 

Baca Juga : Uya Kuya Beberkan Awal Mula Nikita Mirzani Cabut Gugatan Cerainya Kepada Dipo Latief

Lebih buruknya lagi, jamur bisa degan mudah menyebar ke bagian roti lainnya jika berada berdekatan dengan roti yang telah berjamur tersebut.