Ini Berbagai Pantangan Setelah Operasi Caesar

By Gisela Niken, Selasa, 4 Oktober 2016 | 23:45 WIB
Agar Efek Operasi Caesar Cepat Pulih (Dini)

Tabloid-Nakita.com –  Semakin lama semakin banyak Mama yang akhirnya melahirkan dnegan proses operasi caesar. Di Amerika misalnya hampir 1 dari 3 wanita melahirkan dengan operasi caesar. Salah satu tantangan melkukan operasi ini adalah proses pemulihannya. Mama perlu memahami ada beberapa pantangan setelah operasi caesar yang sebaiknya dihindari.

Baca juga: Cara aman dan mudah merawat luka bekas jahitan operasi caesar

Tingkat aktivitas

Operasi caesar merupakan operasi cukup besar di bagian perut. Sebagian besar Mama menghabiskan 3 hingga 4 hari setelah operasi di rumah sakit. Saat di rumah, Mama juga perlu mendapatkan waktu istirahat sebanyak mungkin. Jangan mengangkat sesuatu yang berat sebab sulit bagi Mama untuk melakukan kegiatan berat. Bahkan, mandi atau berjalan sekalipun akan membuat Mama menjadi lemah dan pusing pada minggu pertama dan kedua.

Pantangan ketat mungkin berlangsung seminggu hingga dua minggu setelah operasi. Ketika Mama sudah mendapatkan sedikit tenaga, Mama bisa melatih kekuatan tubuh dengan jalan-jalan yang singkat. Hindari  langsung melakukan olahraga berat seperti jogging. Hindari pula kegiatan mengemudi. Intinya, semakin banyak Mama istirahat semakin cepat pula Mama akan pulih.

Baca juga: 8 kejutan yang terjadi setelah operasi caesar

Pola makan

Setelah proses melahirkan, Mama mungkin akan menjadi sangat lapar. Namun saat operasi caesar, sebaiknya Mama menjaga pola makan. Saat merasa lapar, Mama harus menghindari porsi makan terlalu besar. Kondisi ini disebabkan sistem pencernaan terganggu akibat operasi. Makanan kaya lemak dan yang dapat menghasilkan gas perlu dihindari. Begitu pula dengan waktu camilan. Pilih camilan yang sehat seperti biji-bijian, buah dan sayuran.

Perawatan fisik

Salah satu masalah yang muncul setelah operasi caesar adalah bekas luka jahitan. Ada baiknya Mama tetap menjaga kebersihan area luka jahitan dengan air hangat. Jangan menggosok terlalu keras karena dapat membuatnya luka kembali. Masalah lain setelah operasi caesar adalah pendarahan atau biasa disebut dengan masa nifas. Pastikan Mama tidak melakukan hal-hal yang memperparah kondisi seperti berendan air panas hingga melakukan seks.

Baca juga: Nyeri yang akan Mama lakukan setelah operasi caesar

Ternyata ada banyak pantangan setelah operasi caesar yang perlu Mama ketahui. Merasa kewalahan dan lelah setelah melahirkan memang nornal terjadi. Apalagi Mama juga anak mengalami perubahan mood. Minta bantuan dan dukungan dari orang sekitar termasuk dari pasangan. Mama juga perlu mewaspadai kondisi seperti demam tinggi, ruam, sakit kepala berkepanjangan dan rasa nyeri di area perut dan bekas luka jahitan. Kondisi tersebut perlu penanganan dokter lebih lanjut.