Berapa Lama Boleh Hamil Lagi Setelah Operasi Caesar?

By Gisela Niken, Kamis, 6 Oktober 2016 | 03:15 WIB
Nikmatnya Seks Instan (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com – Setelah operasi caesar ingin punya anak lagi? Sepertinya Mama harus menunggu waktu yang cukup lama untuk hamil lagi setelah operasi caesar. Umumnya Mama harus menunggu setidaknya 18 bulan untuk hamil lagi. Sebenarnya periode ini juga sama dengan Mama yang melahirkan secara normal. Waktu ini untuk memberikan waktu pada tubuh agar sembuh dari luka saat melahirkan. Menjaga jarak kehamlan juga menurunkan risiko masalah saat hamil.

Baca juga: Ini berbagai pantangan setelah operasi caesar

Setelah melahirkan, Mama mengalami kekurangan zat besi yang hilang bersama bayi dan plasenta. Kehilangan darah juga membuat tubuh Mama membutuhkan waktu agar pulih kembali. Berbagai penelitian juga telah mengungkapkan bahwa jarak kehamilan yang terlalu dekat juga berisiko pada kelahiran prematur dan berat badan rendah. Mama juga mungkin mendapatkan masalah pencernaan saat hamil jika jarak kehamilan terlalu dekat.

Jika Mama ingin hamil setelah operasi caesar, Mama juga membutuhkan perawatan kesuburan. Melahirkan mungkin mengubah tubuh sehingga berpotensi menyebabkan masalah kesuburan. Vitamin atau suplemen sangat penting untuk memersiapkan kehamilan setelah operasi caesar. Suplemen yang berisi asam folat sangat baik untuk kehamilan yang sehat dan kuat.

Baca juga: 8 kejutan yang terjadi setelah operasi caesar

Mama juga perlu memahami siklus menstruasi sebab melahirkan menyebabkan perubahan hormonal. Kondisi ini membuat siklus bisa jadi berantakan. Tubuh membutuhkan waktu untuk memulihkan siklus yang teratur. Biasanya Mama akan lebih cepat hamil setelah memiliki pola dan siklus yang lebih teratur. Mama juga perlu menjalani pola hidup sehat. Hindari stres, pola makan buruk dan perbanyak aktivitas fisik.

Baca juga: Cara aman dan mudah merawat luka bekas jahitan caesar

Hal lain yang perlu diperhatikan saat ingin hamil lagi setelah operasi caesar adalah tetap rileks saat melakukan seks. Banyak Mama yang mungkin merasa berbeda saat melakukan seks pasca melahirkan. Lakukan dengan santai dan setelah melakukan seks Mama bisa berbaring selama 15 menit untuk memungkinkan sperma masuk ke dalam leher rahim.