Agar Sukses Menyusui Hingga Anak Berusia 2 Tahun

By Gisela Niken, Jumat, 7 Oktober 2016 | 05:15 WIB
Jangan Main Handphone Saat Menyusui! (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com – Menyusui hingga anak berusia 2 tahun? Mungkin sebagian Mama merasa tidak nyaman dengan kondisi ini. Namun, ada banyak manfaat yang bisa Mama dapatkan jika bisa menyusui hingga anak berusia 2 tahun. Meskipun anak mendapatkan nutrisi dari makanan padat, ASI masih menyediakan kalori, hormon pertumbuhan, sistem kekebalan, vitamin dan enzim.

Baca juga: Ini manfaat menyusui hingga anak berusia 2 tahun

Beberapa penelitian menunjukkan anak yang menyusui lebih lama akan tidak mudah lebih sakit dibanding anak lainnya. Menyusui juga baik untuk kesehatan Mama karena bisa menurunkan risiko diabetes, penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Hubungan Mama dan si kecil juga semakin kuat dengan proses menyusui tersebut. Hubungan yang kuat tersebut akan menumbuhkan kemandirian pada anak.

Banyak orang yang menganggap bahwa anak yang masih menyusui akan menjadi anak yang manja. Namun, menyusui hingga anak berusia 2 tahun membuat si kecil menjadi lebih aman dan mengurangi rasa khawatirnya. Kondisi ini membuat si kecil menjadi sosok yang lebih berani bukan sebaliknya. Jadi, Mama tak perlu khawatir atau terganggu dengan komentar yang datang.

Baca juga: Tip praktis ASI eksklusif bagi ibu bekerja

Berbeda dengan bayi, Mama tak perlu menyusui lebih sering. Mama bisa menyusui 2 hingga 3 kali sehari misalnya pada pagi hari, sebelum tidur siang atau sebelum tidur malam. Selipkan waktu menyusui di antara waktu makan berat dan makanan ringan. Jika si kecil mulai terlihat bosan dengan menyusui, jangan khawatir. Hal itu biasanya terjadi karena ia menginginkan perhatian dari Mama. Di usia ini anak senang bereksplorasi sehingga Mama bisa memberinya stimulasi misalnya dengan mainan agar ia tetap anteng saat menyusui.

Baca juga: Aneka kekhawatiran Mama selama menyusui

Mama juga perlu menjaga pola makan jika menyusui hingga anak berusia 2 tahun. Konsumsi buah-buahan, sayuran segar, protein dan makanan kaya kalsium. Tetap minum air putih untuk menghindari dehidrasi. Mama juga perlu menjaga asupan gizi kala menyusui. ASI juga masih punya fungsi yang sama karena di usia ini anak rentan kurang mendapatkan gizi yang cukup dari makanan padat.