Ternyata, 5 Hal Ini Dapat Mengganggu Kesuburan

By Gisela Niken, Kamis, 13 Oktober 2016 | 03:00 WIB
Penyebab Ketidaksuburan Laki-laki dan Perempuan (Heni)

Tabloid-Nakita.com – Pola makan dan pola hidup dianggap menjadi hal yang dapat menganggu kesuburan. Namun, ada beberapa hal yang mungkin tidak terpikirkan oleh Mama dan ternyata dapat merusak usaha Mama dan Papa yang ingin cepat hami. Maka, penting bagi Mama dan Papa menghindari hal yang dapat mengganggu kesuburan berikut ini.  Hal di bawah ini kerap terlewat dan tidak diketahui oleh banyak orang.

Baca juga: Menelan sperma bisa meningkatkan kesuburan?

1.Melewatkan makan sayur

Banyak orang yang berpikir bahwa kandungan sehat seperti asam folat hanya dibutuhkan bagi ibu hamil. Nyatanya, Mama juga perlu mendapatkan asupan makanan sehat sejak sebelum hamil. Maka, mengonsumsi sayur khususnya sayuran hijau sangat penting untuk mendapatkan asupan asam folat. Vitamin B dalam sayuran hijau juga penting untuk mencegah cacat lahir dan memastikan pembuahan berlangsung dengan sempurna.

2.Tidak merawat gigi

Siapa sangka ternyata ada hubungannya antara kesehatan gigi dengan kesuburan. Saat Mama jarang mengontrol ke dokter gigi, ada baiknya Mama dan Papa memeriksakan gigi. Pastikan mendapatkan gigi yang sehat sebelum hamil. Ternyata, kebersihan mulut yang buruk dapat berpengaruh pada kualitas sperma pria. Selain itu, masalah gigi dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur dan berat badan bayi saat lahir rendah.

Baca juga: Ternyata, kafein ganggu kesuburan

3. Paparan BPA

BPA atau bisphenol A merupakan bahan kimia yang bisa ditemukan dalam barnag plastik seperti botol air dan wadah makanan. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa paparan BPA yang tinggi dapat menurunkan jumlah sperma dan sel telur. Mama juga perlu menghindari mengonsumsi makanan kaleng karena tingkat BPAnya yang tinggi. Jadi, pastikan Mama dan Papa tidak terpapar BPA yang tinggi dengan memastikan wadah plastik aman untuk digunakan.

4. Stres

Stres memang menjadi hal yang dialami oleh banyak orang. Namun, Mama perlu mengelola stres sebab stres yang berlebihan dapat menganggu kesuburan. Stres dapat berpengaruh pada kesehatan Mama dan kemampuan Mama untuk hamil. Ada beberapa cara bagi Mama dan Papa untuk mengurangi stres kala sedang mencoba hamil. Yoga, pijat hingga akupuntur dapat Mama dan Papa coba untuk mengurangi stres.

Baca juga: Pengaruh berat badan terhadap kesuburan

5.Ikan tinggi merkuri

Ternyata, ikan yang bermekuri tinggi masuk ke dalam daftar hal yang dapat mengganggu kesuburan. Tingginya kadar merukri dalam darah berpengaruh pada kesuburan pria dan wanita. Selain itu, merkuri juga dapat membahayakan perkembangan otak dan saraf janin. Mama lebih baik menghindari makan ikan hiu atau ikan dari lau yang terpapar polusi air.