Daftar Makanan Penyebab Perut Buncit

By Gisela Niken, Kamis, 13 Oktober 2016 | 05:45 WIB
Makanan penuh serat menjadi makanan penyebab perut buncit (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Meskipun Mama tidak ada masalah dengan berat badan, namun beberapa Mama mungkin merasa perut terasa penuh dan terkadnag buncit. Salah satu penyebab perut buncit bisa datang dari makanan. Makanan dapat menyebabkan gas dan membuat perut kembung. Kondisi inilah yang membuat perut jadi semakin terlihat buncit. Mama sebaiknya menghindari makanan penyebab perut buncit berikut ini.

Baca juga: Perut rata dalam 4 hari dengan resep ini

1.Roti

Jika Mama sibuk pada pagi hari, roti menjadi pilihan sarapan pagi Mama. Namun sayangnya karbohidrat dalam roti menyebabkan masalah pencernaan bagi banyak orang. Roti membuat Mama menjadi kembung. Karbohidrat yang direkomendasikan bagi Mama agar bebas kembung adalah mengganti roti dengan gluten free . Roti gandum yang kaya serat juga mungkin menyebabkan perut buncit karena kembung.

2.Yogurt

Yogurt memang baik untuk kesehatan karena mengandung kaya gizi seperti protein dan kalsium. Namun, kandungan yogurt bukan pilihan bagi Mama yang merasa kembung dan terlalu banyak gas di dalam perut. Ada beberapa orang yang mungkin sulit untuk mencerna laktosa sehingga saat mengonsumsi yogurt pada pagi hari, Mama akan mengalami perut kembung pada siang hari.

Baca juga: Ratakan perut dalam 30 hari dengan resep ini

3.Apel

Buah segar seperti buah apel memang baik untuk tambahan gizi terutama baik untuk pengganti kudapan atau makan pagi. Namun karena apel tinggi serat justru akan membuat Mama menjadi sangat kembung. Mama bisa mengganti buah apel dengan buah-buahan lain seperti melon atau mangga sebagai menu kudapan.

4. Makanan tanpa gula

Saat mengonsumsi aneka makanan dan minuman, ada baiknya Mama mengurangi yang mengandung gula tinggi. Gula buatan sangat sulit dicerna oleh tubuh atau bahkan tidak dicerna sama sekali. Kondisi ini akan membuat gas yang cukup besar dan berujung pada perut yang terlihat buncit. Jadi pastikan Mama membatasi gula jika ingin perut terlihat lebih langsing.

Baca juga: Cara agar langsing usai melahirkan

5. Sayuran

Siapa sangka ternyata ada beberapa sayuran yang menjadi makanan penyebab perut buncit. Sayuran seperti kembang kol dan kubis menjadi daftar sayuran yang dapat menyebabkan gas berlebihan di dalam perut. Beberapa sayuran seperti brokoli dan bayam juga agak sulit dicerna. Maka, Mama perlu mengkombinasikan menu sayuran agar terbebas dari perut buncit dan kembung.