Hamil Di Usia 30 Tahun Ke Atas? Ini Kunci Suksesnya

By Gisela Niken, Jumat, 14 Oktober 2016 | 03:00 WIB
Kapan Harus Melakukan Seks Agar Cepat Hamil? (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Usia memang faktor yang cukup penting dalam kesuburan. Namun, bukan berarti Mama tidak bisa hamil pada usia sekitar 30an. Ada beberapa hal yang perlu Mama perhatikan agar sukses saat hamil di usia 30 tahun ke atas berikut ini. Tak perlu khawatir akan sulit hamil jika Mama bisa menjaga gaya hidup dan pola makan, kehamilan bisa terjadi dengan lancar.

Baca juga: Ini kelebihan hamil di usia 20-an

Jika Mama menginjak usia 30 ke atas dan ingin hamil lagi ada baiknya Mama meninjau riwayat kesehatan. Biarkan dokter menganalisis gaya hidup Mama dan Papa secara keseluruhan. Berbagai masalah kesehatan dapat berpengaruh pada kesuburan Mama. Jadi, pastikan Mama mengetahui jika ada masalah-masalah yang menghalangi proses kehamilan.

Baca juga: Plus minus di usia 30an

Menginjak usia 30 tahun, Mama dan Papa juga membutuhkan waktu lebih lama untuk hamil. Rata-rata waktu yang dibutuhkan sekitar 1 hingga 2 tahun. Maka, cobalah untuk tetap berpikir positif jika Mama belum hamil dengan segera. Proses kehamilan di usia ini juga membutuhkan perhatian lebih misalnya memastikan Mama dan Papa tidak hanya sehat secara fisik tetapi juga sehat secara mental dan emosional.

Gaya hidup seperti alkohol, merokok dan kafein juga berdampak negatif pada kesburan. Berat badan juga berpengaruh pada kesuburan saat berusia 30an karena dapat menganggu fungsi hormon. Cara cepat hamil pada usia ini tentu sama dengan pasangan lainnya yakni mengamati tanda kesuburan. Melakukan seks pada masa subur menjadi cara efektif pada usia berapa pun.

Baca juga: Hamil di usia 35 tahun? Siapa takut!

Hamil di usia 30 tahun ke atas tidak mungkin untuk tidak terjadi. Namun, Mama perlu menjaga kondisi kesehatan lebih ekstra. Semakin tua, Mama mungkin menjadi lebih rentan terkena berbagai penyakit yang berbahaya seperti kolesterol dan darah tinggi. Maka dari itu, penting bagi Mama untuk mendapatkan arahan dari dokter apalagi sudah menginjak usia 30 tahun.