Yang Perlu Dilakukan Saat Hamil Muda Agar Kehamilan Sehat dan Bahagia

By Gisela Niken, Senin, 17 Oktober 2016 | 02:30 WIB
Menjaga kesehatan keluarga menjadi yang harus dilakukan saat hamil muda (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Setelah mendapatkan hasil positif hamil dari dokter, saatnya Mama resmi menjadi ibu hamil. Kehamilan yang sehat serta bahagia pasti menjadi mimpi dari seluruh ibu hamil. Kontrol kehamilan, menjaga kesehatan hingga menjaga ketenangan pikiran menjadi kunci dari kehamilan yang lancar. Berikut daftar yang perlu dilakukan saat hamil muda.

Baca juga: 8 kiat kehamilan sehat di trimester pertama

Menjaga pola hidup yang sehat menjadi hal pertama-tama yang penting untuk dilakukan. Mama bisa mengonsumsi aneka vitamin kehamilan yang dirasa dibutuhkan. Salah satu zat yang penting ialah asam folat. Folat sangat baik untuk mencegah cacat janin sebab pada trimester pertama, organ penting janin akan terbentuk. Hindari melakukan kebiasaan buruk seperti merokok atau mengonsumsi alkohol.

Minum air putih lebih banyak daripada biasanya juga diperlukan. Saat hamil, Mama akan mengalami perubahan tubuh. Untuk mengatasinya, Mama perlu lebih banyak mengonsumsi air putih. Untuk semakin menjaga kesehatan kehamilan, penting bagi Mama untuk memilih dokter kandungan sejak dini. Pastikan Mama memilih dokter yang cocok dan juga rumah sakit yang terjangkau jaraknya dari rumah.

Baca juga: 5 tanda gangguan kehamilan di trimester pertama

Selain pola hidup sehat, Mama juga perlu mengetahui riwayat kesehatan keluarga. Kelainan genetik bisa diwaspadai sejak dini. Mama juga perlu bertanya pada anggota keluarga lain mengenai masalah yang biasa dihadapi saat kehamilan. Masalah kehamilan bisa saja disebabkan oleh faktor genetik. Tidak hanya riwayat kesehatan keluarga, Mama juga bisa mengunduh aplikasi di gadget yang berfungsi mencatat perkembangan janin.

Kebersihan area rumah juga penting bagi Mama dan kehamilan Mama. Sebaiknya Mama membersihkan area rumah khususnya kamar dari bahan-bahan kimia. Kosmetik misalnya menjadi sumber paparan kimia yang bisa mengancam kehamilan. Pilih kosmetik yang alami dan aman untuk digunakan ibu hamil. Mama dan Papa juga harus menjaga kebersihan diri. Terapkan kebiasaan untuk rajin cuci tangan. Ibu hamil cukup rentan dengan penyebaran virus dan bakteri di sekitar rumah.

Baca juga: Makanan tepat untuk ibu hamil di trimester pertama

Hal lain yang perlu dilakukan saat hamil muda ialah mulai mengurangi gangguan kehamilan. Misalnya menggunakan lotion untuk mencegah gangguan kulit saat hamil. Mengganti ukuran bra juga perlu dilakukan sebab saat hamil ukuran payudara menjadi membesar. Mama juga perlu mencari bantal yang pas untuk membantu tetap tidur nyenyak sepanjang malam.