Informasi kehamilan Sehat Bulan 3 : Bila Mual Muntah Berlanjut

By Saeful Imam, Sabtu, 3 November 2018 | 10:58 WIB
Ternyata ada banyak manfaat muntah di pagi hari (iStock)

Nakita.id - Informasi kehamilan sehat bulan 3 yaitu membahas mual muntah. 

Pada usia kehamilan bulan 3, gejala mual muntah umumnya berangsur akan mereda, meski ada sebagian Moms yang mual muntahnya tetap berlanjut, bahkan lebih hebat dari sebelumnya. 

Morning sickness atau mual- muntah saat hamil di pagi hari (emesis gravidarum) adalah gejala yang wajar dan sering terjadi pada trimester I kehamilan.

Penyebab mual-muntah saat hamil , peningkatan kadar hormon estrogen dan HCG (human chorionic gonadotrophine) dalam serum darah ibu. 

Baca Juga : Informasi Kehamilan Sehat Bulan 2 : Mual Muntah Makin Menjadi, Hati-hati Janin Kurang Nutrisi

Biasanya, setelah 3 bulan atau lebih, keluhan mual- muntah saat hamil akan menghilang dengan sendirinya.

Namun bisa juga mual-muntah justru terus berlanjut.

Atau, mual-muntahnya terlalu sering sehingga tak ada makanan maupun minuman yang “masuk”.

Mual-muntah berlebihan atau hiperemesis gravidarum ini tak baik bagi kehamilan dan janin, sehingga harus segera diatasi. 

Baca Juga : Informasi Kehamilan Sehat Bulan 2 : Ini Kiat Memilih Bidan dan Dokter Kandungan!Penyebab mual- muntah saat hamil:

Adapun penyebab mual- muntah saat hamil , bisa karena beban psikologis yang berat, bisa pula lantaran ari-ari menempel terlalu dalam sehingga menimbulkan reaksi imunologis.

Tak hanya itu, pada kehamilan anggur atau kembar, mual- muntah saat hamil juga bisa lebih hebat, mungkin karena reaksi hormonalnya lebih besar dibanding kehamilan biasa.Informasi Kehamilan Sehat Bulan 3 : Cara mengatasi mual- muntah saat hamil