5 Kebiasaan Agar Ibu Hamil Selalu Bahagia

By Gisela Niken, Rabu, 19 Oktober 2016 | 00:45 WIB
Salad Saus Asam Jawa Untuk Ibu Hamil Penderita Diabetes (Puri)

Tabloid-Nakita.com – Stres dan depresi menjadi masalah yang kerap terjadi pada ibu hamil. Padahal ada banyak hal buruk yang disebabkan oleh rasa stres kala hamil. Ada banyak ketakutan atau tekanan yang terjadi akibat perubahan tubuh yang Mama alami. Untuk kehamilan yang sehat, Mama bisa melakukan cara agar ibu hamil selalu bahagia dengan cara berikut ini.

Baca juga: Kepribadian positif sejak hamil

1.Percaya pada tubuh

Mama mungkin melihat banyak perubahan sana sini di dalam tubuh. Mama bisa jadi lebih rentan sakit atau mudah lelah. Namun, jangan merasa lemah atau merasa tubuh akan selalu merasa sakit. Percayalah pada tubuh Mama bahwa tubuh bisa menyesuaikan diri sehingga bisa menyiapkan diri untuk perkembangan janin. Jadi, Mama tak perlu banyak khawatir seputar masalah yang muncul dari dalam tubuh.

2.Peduli dengan apa yang Mama makan

Salah satu tekanan saat hamil bisa datang dari pola makan. Pola makan yang buruk akan meningkatkan berat badan Mama sehingga berpotensi menganggu kesehatan Mama. Ada baiknya Mama tetap peduli dengan apa yang Mama makan. Perbanyak konsumsi protein, asam folat dan zat besi untuk tumbuh kembang janin. Makanan tinggi serat juga dibutuhkan untuk menghindari perut kembung dan sembelit.

Baca juga: Stres dapat ganggu kehamilan

3.Berhati-hati saat bepergian

Saat bepergian Mama perlu berhati-hati karena luka fisik saat kehamilan bisa membuat rasa tidak nyaman. Rasa tidak nyaman ini akan membuat Mama stres. Maka sebaiknya Mama lebih berhati-hati saat melakukan aktivitas fisik terutama saat berjalan. Pergelangan kaki dan tangan menjadi bagian yang perlu diwaspadai karena dapat degan mudah mengalami cedera.

4.Melakukan kebiasaan yang membuat tenang

Setiap orang punya cara masing-masing untuk mengusir stres. Para ahli mengatakan mengelola stres dapat membantu perkembangan otak yang sehat ntuk jann. Maka, Mama bisa mengelola stres dengan kebiasaan seperti mendengarkan musik, yoga atau pijat. Berlibur sejenak atau meluangkan waktu bersama pasangan dapat membuat Mama bebas stres saat hamil.

Baca juga: Mengatasi kekhawatiran yang berlebihan saat hamil

5.Banyak bergerak

Kunci agar ibu hamil tetap bahagia ternyata tetap bergerak. American College of Obstetricians and Gynecologists merekomendasikan bahwa wanita hamil perlu bergerak 30 menit dalam sehari. Olahraga teratur dapat mengurangi gejala seperti sakit punggung, sembelit dan morning sickness. Rasa sehat dan nyaman akan membuat Mama tetap bahagia menjalani hidup sebagai ibu hamil.