Ini Jumlah ASI yang Dibutuhkan Bayi Sesuai Usia

By Gisela Niken, Jumat, 21 Oktober 2016 | 04:45 WIB
Waspada Mastitis Pada Mama Menyusui (Puri)

Tabloid-Nakita.com – Salah satu kekhawatiran yang kerap dialami ibu menyusui adalah apakah bayi mendapatkan asupan ASI yang tepat. Beberapa Mama bahkan takut jika bayinya kurang ASI. Untuk itu, Mama perlu mengetahui jumlah ASI yang dibutuhkan bayi. Jumlah ASI ini tentu disesuaikan dengan usianya sebab setiap usia bayi memiliki perbedaan tumbuh kembang khususnya pada bagian sistem pencernaan.

Baca juga: Jumlah ASI sedikit? Ini penyebab dan dampaknya pada bayi

Baru lahir

Selama bulan pertama kehidupan bayi, jumlah ASI yang dibutuhkan lama kelamaan akan meningkat setiap harinya. Saat lahir, ukuran perut bayi memang sangat sedikit karena hanya mampu menerima cairan sekitar 30 mililter di mana ia hanya mampu menerima cairan kolostrum. Cairan ini merupakan cairan yang pertama keluar dari payudara dan bermanfaat untuk tubuh bayi. Memasuki minggu ke 2, kapasitas ASI meningkat menjadi 600 hingga 700 mililiter. Perut bayi akan terus berkembang hingga pada usia 1 bulan, bayi bisa mengonsumsi hingga 900 mililiter.

Baca juga: 5 hal yang harus dilakukan jika jumlah ASI sedikit

Usia 1 hingga 6 bulan

Sebelum berusia 6 bulan, bayi biasanya mengonsumsi ASI sebanyak 500 mililiter hingga 900 mililiter. Asupan harian ini biasanya tetap sama dari bulan pertama hingga bulan keenam. Mama tak perlu khawatir bahwa usia dan berat badan bayi yang semakin bertambah tidak berpengaruh pada jumlah ASI yang ia konsumsi. Namun, bayi bisa saja mengalami masa ledakan pertumbuhan. Dalam masa ini bayi akan mengonsumsi ASI lebih banyak dari biasanya. Ledakan pertumbuhan biasa terjadi di awal ketika ia menginjak usia 3 bulan, 4 bulan dan 6 bulan.

Setelah 6 bulan.

Setelah mengonsumsi makanan padat, jumlah ASI yang dibutuhkan bayi akan menurun secara bertahan. Jumlah penurunannya bervariasi tergantung jumlah makanan padat yang ia konsumsi. Namun, ASI tetap menyumbangkan nutrisi besar untuk bayi maka sebaiknya tidak meninggalkan ASI. Biasanya pada usia 11 hingga 12 bulan, ASI yang dibutuhkan hanya sekitar 500 mililiter.

Baca juga: 10 tip lancarkan produksi ASI

Selain panduan jumlah ASI yang dibutuhkan bayi, Mama juga bisa mencari tanda-tanda bayi sudah cukup ASI. Biasanya dilihat dari kenaikan berat badan. Bayi ASI biasanya mengalami kenaikan hingga 170 gram setiap minggu pada bulan pertama. Sementara pada bulan ke 4 hingga bulan ke 6 kenaikannya mencapai 110 gram setiap minggu. Pada bulan ke 6 hingga 12, bayi akan mengalami peningkatan 60 hingga 80 gram setiap minggunya.