Tip Mendidik Anak Laki-laki Agar Berperilaku Sopan

By Gisela Niken, Selasa, 25 Oktober 2016 | 00:15 WIB
Sudah Benarkah Anda Mendidik Anak? (Puri)

Tabloid-Nakita.com – Banyak pandangan yang mengungkapkan bahwa anak laki-laki cenderung nakal dan susah diatur. Namun, Mama bisa mendidik anak laki-laki agar punya perilaku yang baik dan sopan. Cara ini tentu saja bisa Mama lakukan sejak dini agar ia punya karakter yang baik dan sopan.

Baca juga: 4 cara ajarkan sopan santun pada anak

1.Ingatkan soal perkataan

Mama perlu memberi pengertian pada anak bahwa perkataan merupakan kekuatan yang sangat besar. Artinya, si kecil perlu memahami bahwa perkataan yang ia ucapkan bisa saja menyinggung perasaan orang lain. Ajarkan pada anak untuk berkata-kata positif. Saat berada di sekitar anak usahakan menggunakan kata yang baik agar ia meniru kata tersebut dalam lingkungan sosialnya. Misalnya saat ia berbuat salah, ingatkan dengan gunakan kata-kata yang baik dan bukan kata-kata kasar. 

2. Latihan memberikan pujian

Sebagai anak yang punya perilaku baik dan sopan, menghargai orang lain menjadi hal yang penting. Cobalah untuk melatihnya melihat apa yang dikerjakan oleh orang lain. Misalnya memuji adik atau teman yang berhasil melakukan sesuatu. Mama juga tak boleh sungkan untuk memuji anak jika ia benar-benar melakukan hal yang baik.  Biarlah mereka menghargai proses yang terjadi dan tidak meremehkan orang lain.

Baca juga: 5 kiat mendidik anak

3.Mengenalkan perbedaan

Mungkin sulit bagi anak usia prasekolah memahami konsep perbedaan. Namun, ada kalanya Mama perlu menjelaskan bahwa setiap manusia memiliki perbedaan. Nilai-nilai perbedaan ini penting agar anak tidak membeda-bedakan sikap atau perilaku pada orang lain yang dirasa berbeda. Jauhi pikiran anak dengan melihat seseorang dari apa yang menjadi sama dengan mereka. Bantu anak ketika ia mengalami rasa berbeda dengan orang di sekitarnya.

4.Jangan biasakan berkomentar tentang penampilan seseorang

Anak cenderung mudah menganggap aneh sesuatu yang tidak biasa ia lihat misalnya pemandangan orang yang memiliki kekurangan fisik. Ajarkan pada anak untuk tidak menilai sesuatu dari fisik. Jika ia melakukannya, ambil waktu yang tenang untuk membahas hal tersebut. Komunikasi yang terbuka dan penuh cinta sangat penting agar si kecil memahami bahwa ada dampak buruk yang ditimbulkan jika ia melakukannya.

Baca juga: Ini caranya agar anak patuh pada orangtua

Komunikasi yang terbuka dan memberi contoh menjadi cara tepat dalam mendidik anak laki-laki. Jangan sungkan untuk membuka komunikasi yang hangat dan terbuka padanya. Tidak selamanya anak laki-laki merupakan sosok yang cuek dan kaku. Justru, kelembutan dan kasih sayang Mama dapat membangun komunikasi yang baik.