6 Tanda Anak Mengalami Gangguan Penglihatan

By Dini Felicitas, Selasa, 25 Oktober 2016 | 00:25 WIB
Segera periksakan ke dokter jika anak mengalami gangguan penglihatan. (Dini Felicitas)

Tabloid-Nakita.com - Anak-anak yang lahir dengan kekurangan penglihatan atau yang mulai mengalami gangguan penglihatan ketika masih sangat kecil, mungkin tidak akan mengeluh. Karena, mereka tidak pernah mengalami bagaimana memiliki penglihatan yang normal. Karena itu, penting bagi orangtua untuk lebih memerhatikan tanda-tanda anak mengalami masalah penglihatan. Berikut beberapa di antaranya:

Duduk terlalu dekat ke layar Perhatikan, apakah layar ponsel atau laptop semakin dekat ke wajah si kecil ketika ia menggunakannya. Menatap layar monitor terlalu dekat bisa menyakiti mata anak. Hal itu juga bisa menjadi tanda bahwa anak kesulitan melihat dari jauh, sehingga jarak antara mata dan layar ponselnya semakin dekat.

Sulit membaca Kalau anak punya masalah membaca, ada kemungkinan salah satu penyebabnya karena dia tidak bisa melihat dengan jelas. Menurut New Brunswick Association of Optometrists, 6 dari 10 anak yang punya masalah membaca punya masalah penglihatan yang belum didiagnosa, atau belum ditangani.

Kurang tangkas Si kecil terlihat kesulitan menangkap bola? Atau dia sering menumpahkan minuman dari gelas? Beberapa anak (termasuk orang dewasa) memang lebih kagok dibanding yang lain. Namun, bisa jadi kekagokannya itu dipicu oleh gangguan penglihatan.

Menutup satu mata Anak-anak yang mengalami penglihatan ganda biasanya akan menutup satu matanya untuk mencoba melihat dengan lebih jelas. Hal ini bisa juga mengindikasikan masalah lain. Jika Mama memerhatikan hal ini, cobalah lebih waspada.

Sensitif pada cahaya Apakah si kecil terlihat memicingkan mata saat menatap lampu, sinar matahari, atau kilatan lampu kamera? Anak-anak dengan photophobia, atau sensitivitas yang berlebihan pada cahaya, biasanya sering sakit kepala atau mual.

Kejanggalan mata lainnya Cara paling mudah untuk mendeteksinya adalah mengamati kejanggalan yang mendasar. Jika Mama melihat titik pada mata, kemerahan, gatal, mata tidak sejajar, atau apa pun yang terlihat tidak biasa, jangan menganggapnya sebagai hal yang normal. Segera periksakan ke spesialis mata.

Itulah tanda-tanda anak mengalami masalah penglihatan. Bila hal ini terjadi, jangan dibiarkan ya, Mam. Mengetahui sejak awal dan memeriksakannya ke dokter akan mencegah gangguan penglihatannya semakin parah.