Ini Tanda-tanda Bayi Sudah Cukup ASI

By Faras Handayani, Selasa, 25 Oktober 2016 | 01:30 WIB
Bagaimana ciri-ciri bayi yang sudah cukup ASI? (Dini Felicitas)

Tabloid-Nakita.com – Apa tanda-tanda bayi sudah cukup ASI? Boleh dibilang, inilah pertanyaan terpopuler di kalangan ibu yang baru pertama kali menyusui. Tentunya, hal ini didasari keinginan Mama untuk memastikan bayi sudah mendapat semua nutrisi yang ia butuhkan. Padahal, Mama tidak bisa melihat seberapa banyak ASI yang sudah diserap oleh bayi saat proses menyusui. 

Perlu Mama ketahui, kebutuhan akan asupan ASI meningkat saat bayi berusia 4 minggu, 8 minggu, 3 bulan, dan 6 bulan. Pada usia-usia tersebut, bayi tengah mengalami percepatan pertumbuhan. Tak heran bila si kecil jadi lebih sering lapar dan kerap minta menyusu, sehingga kesannya tak pernah kenyang.

Mama sendiri bisa mengetahui apakah bayi sudah cukup minum ASI jika payudara Mama terasa lebih lunak setelah menyusui. Hal itu karena si bayi sudah mengosongkan cadangan ASI yang membuat payudara Mama kencang. Sedangkan tanda-tanda di bawah ini menunjukkan bayi sudah mendapat cukup ASI.

* Waktu menyusui tidak terlalu lama, atau tidak lebih dari 30 menit.

* Umumnya, jarak menyusui sekitar 2—3 jam pada bayi normal/sehat. Untuk bayi yang kemampuan minumnya tidak banyak, intervalnya lebih singkat, yaitu 1,5—2 jam.

* Bayi buang air kecil lebih dari 6 kali sehari dengan warna urine yang tidak pekat dan bau tak menyengat.

* Bayi terlihat tenang dan puas setelah menyusu, dan akan melepas sendiri mulutnya dari payudara ibu, juga merupakan tanda-tanda bayi sudah cukup ASI yang jelas terlihat.

* Setelah menyusu, bayi langsung tertidur karena ASI memicu produksi hormon endorphin yang merangsang tidur.

* Setelah beberapa hari, bayi akan buang air besar setidaknya dua kali sehari dengan tinja berwarna kuning atau gelap, dan mulai berwarna lebih cerah setelah hari ke-15.

• Berat badan bayi naik lebih dari 500 gram sampai 1 kilogram setiap bulan pada trimester pertama. Kemudian bertambah sekitar 600 gram setiap bulan pada trimester kedua, dan bertambah sekitar 400-500 gram setiap bulannya pada trimester ketiga. Sesuaikan kenaikan berat badan bayi setiap bulan dengan grafik yang tertera di KMS (Kartu Menuju Sehat) ya, Mam.

Mudah bukan, mengetahui ciri-ciri bayi sudah cukup ASI?