Agar ASI Cepat Keluar Setelah Melahirkan

By Gisela Niken, Selasa, 25 Oktober 2016 | 03:45 WIB
Menyusui Minimalkan Risiko Kanker Payudara (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com – Setiap Mama tentu ingin punya produksi ASI yang lancar. Namun Mama pasti ingin agar ASI cepat keluar setelah melahirkan. Pada umumnya ASI keluar setelah melahirkan hingga jarak hingga 3 hari. Jadi, Mama tak perlu khawatir jika dalam 1 hingga 2 hari ASI tak kunjung keluar. Namun, ada beberapa cara yang perlu Mama lakukan sebagai persiapan menjelang waktu melahirkan agar ASI cepat keluar.

Baca juga: ASI hanya keluar sebelah payudara saja, normalkah?

Mama bisa melakukan berbagai stimulus agar membantu ASI cepat keluar. Salah satu metode yang bisa dilakukan ialah Inisiasi Menyusui Dini (IMD). Jika memungkinkan misalnya Mama melahirkan normal, Mama bisa memulai proses menyusui dalam kurun waktu 1 jam serta melahirkan. Waktu ini sangat tepat untuk merangsang payudara sebab setelahnya bayi akan banyak menghabiskan waktu untuk tidur. Membiarkan bayi berada di dada dan mencari payudara Mama untuk menyusui merupakan cara untuk merangsang ASI keluar.

Baca juga: Bila ASI keluar terlalu deras

Merangsang ASI juga bisa dilakukan dengan memompa ASI khususnya selama 3 hari setelah melahirkan. Di saat itu lah ASI mengandung kolostrum di mana banyak mengandung sifat pelindung termasuk anti bakteri dan sistem kekebalan bagi bayi. Setelah menghasilkan kolostrum, payudara Mama akan semakin lebih kencang. Hal ini sebagai tanda bahwa pasokan ASI akan semakin deras.

Salah satu hal yang memengaruhi keluarnya ASI adalah hormon. Hormon prolaktin dan oksitosin sangat memainkan peran dalam keluarnya produksi ASI. Kedua hormon ini juga bekerja akibat hisapan bayi. Maka, semakin sering memberikan kesempatan untuk bayi menyusui semakin lancar ASI yang keluar dari payudara. Tidak hanya itu, pikiran yang positif dan gembira juga membantu memperlancar produksi ASI.

Baca juga: Kok ASI saya belum keluar?

ASI cepat keluar setelah melahirkan juga bisa dibantu dengan asupan makanan dan minuman. Sayuran hijau menjadi salah satu makanan yang direkomendasikan untuk Mama agar memperlancar produksi ASI. Mama juga perlu mengonsumsi makanan yang sehat saat hamil agar membantu proses keluarnya ASI. Jangan ragu untuk mengikuti kelas persiapan menyusui agar proses menyusui semakin lancar.