Persiapan Makan Pada Bayi 6 Bulan yang Perlu Dilakukan

By Gisela Niken, Selasa, 25 Oktober 2016 | 04:15 WIB
Anak Sudah Berusia 16 Bulan, Maunya Makan Bubur Tim Halus (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com – Saat bayi menginjak usia 6 bulan saatnya bayi untuk mengonsumsi makanan padat. Sebelum memberinya makanan pendamping ASI, ada baiknya Mama lakukan persiapan makan bayi 6 bulan agar proses makannya berjalan lancar dan anak punya pola makan yang sehat. Pola makan sehat sejak bayi dapat berpengaruh pada pola makan anak hingga dewasa.

Baca juga: 5 kesalahan saat mengenalkan makanan padat pada bayi

Sebelum memulai ada baiknya Mama memastikan bahwa bayi memang siap untuk menerima makanan padat. Biasanya bayi yang siap sudah menunjukkan ketertarikan pada makanan. Mama bisa melihat hal tersebut dengan tanda misalnya bayi melihat orang lain makan, meraih makan dan membuka mulut mereka ketika ada makanan yang mendekat. Bayi yang menerima makanan padat juga seharusnya sudah bisa duduk dengan baik tanpa bantuan.

Baca juga: 10 bahan makanan padat gizi untuk bayi

Bayi juga perlu siap dalam hal keterampilan motorik oral. Artinya mereka sudah bisa mengunyah dan mengolah makanan dalam perut dan menelannya. Jika belum mampu, bayi akan mengalami tersedak. Biasanya tanda-tanda di atas sudah terlihat saat bayi menginjak usia 4 bulan. Mama juga jangan langsung memberinya makanan sebelum usia 6 bulan. Kondisi ini berisiko menyebabkan bayi menjadi obesitas.

Saat ia sudah siap, Mama bisa menyiapkan makanan padat yang bisa dimulai dengan olahan beras. Mulailah dengan porsi kecil untuk membiasakan tekstur. Gunakan sendok yang kecil agar mencegah bayi tersedak. Waktu makan padat juga perlu diperhatikan. Padatan di awal usia 6 bulan sebaiknya diberikan sebelum sesi menyusui. Dengan begitu, bayi tetap mendapatkan nutrisi ASI. ASI tetap menjadi asupan nutrisi pada bayi sebelum ia berusia 1 tahun.

Baca juga: Hindari memberikan garam pada bayi, ini alasannya! 

Setelah dapat mengonsumsi olahan beras atau bubur bayi bertekstur lembut, Mama bisa memperkenalkan berbagai buah, sayur dan daging. Saat mengenalkan makanan baru sebaiknya memberikan jarak antara satu menu dengan menu yang lain. Cara ini sangat baik untuk mencegah alergi pada bayi.

Itu dia berbagai persiapan makan bayi 6 bulan Mama juga harus menghindari bumbu seperti gula dan garam untuk meminimalisir masalah pencernaan. Maka, Mama juga harus menghindari memberi anak jus buah. Jus telah mengandung campuran gula sehingga berisiko obesitas dan menyebabkan diare. Air putih juga tidak diwajibkan diberikan pada bayi sebab ASI sudah mengandung air yang memastikan bayi tidak dehidrasi.