Tanda Awal Kehamilan Setelah Berhubungan Intim

By Gisela Niken, Selasa, 25 Oktober 2016 | 07:00 WIB
Bagaimana Tanda-tanda Hamil di Luar Kandungan? (Dini)

Tabloid-Nakita.com – Setelah melakukan seks, Mama tentu tak sabar mengetahui hasilnya. Lalu kapankah Mama akan mengalami tanda awal kehamilan setelah berhubungan intim? Beberapa Mama mungkin sudah mengetahui gejala awal kehamilan seperti nyeri payudara atau nyeri perut. Namun, apakah tanda tersebut akan muncul sangat cepat?

Baca juga: 10 tanda kehamilan

Mama ternyata tidak dapat secara langsung mengetahui tanda-tanda awal kehamilan. Setelah terjadinya proses pembuahan, bakal calon janin membutuhkan waktu untuk bergerak ke bagian bawah tabung fallopi. Di sanalah janin akan menempel dan tumbuh. Proses ini ternyata membutuhkan waktu sekitar seminggu. Setelah proses itu terjadi, Mama akan mendapatkan bercak-bercak darah. Hal ini merupakan normal.

Baca juga: Ini tanda-tanda ibu hamil

Tanda-tanda kehamilan biasanya terjadi 14 hari setelah proses pembuahan. Tanda kehamilan sendiri muncul tergantung bagaimana Mama bisa peka dengan tanda tersebut atau tidak. Sebab, tanda kehamilan bisa saja mirip dengan tanda menstruasi sehingga banyak Mama yang cenderung sadar hamil setelah mengalami terlambat menstruasi.

Gejala awal yang mungkin terjadi tentu adalah bercak-bercak yang tidak terlalu berat atau pekat. Gejala yang lain adalah nyeri payudara dan peningkatkan cairan vagina. Mama yang mengalami kehamilan akan mendapatkan gangguan seperti kelelahan. Mual juga biasa terjadi pada kawal kehamilan. Mama juga akan mengalami gula dan tekanan darah yang rendah.

Baca juga: Penyebab timbulnya tanda-tanda kehamilan

Itu dia beberapa tanda awal kehamilan setelah berhubungan intim. Mama juga sebaiknya menggunakan tes kehamilan di rumah 1 hingga 2 minggu setelah melakukan seks. Hal ini agar menghindari kehamilan palsu. Jika kurang yakin, pemeriksaan USG menjadi cara tepat untuk mengetahui apakah Mama hamil atau tidak.