Kesalahan yang Sering Mama Lakukan Saat Anak Susah Makan

By Gisela Niken, Kamis, 27 Oktober 2016 | 05:45 WIB
Lakukan Kebiasaan ini Sejak Bayi untuk Cegah Anak Susah Makan (Puri)

Tabloid-Nakita.com – Menghadapi anak yang susah makan memang membingungkan. Ada banyak penyebab anak susah makan misalnya jadwal makan yang tidak teratur hingga pengaturan porsi makan yang salah. Maka, saat anak susah makan sebaiknya tidak melakukan berbagai kesalahan berikut. Kesalahan berikut justru semakin membuat anak enggan makan dan mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

Baca juga: Anak susah makan nasi, apa yang perlu Mama lakukan?

Mama perlu menghindari melakukan memohon, membujuk atau menjanjikan sesuatu jika anak berhasil menyelesaikan makanannnya. Jangan paksa anak dengan memaksa memasukkan sendok makan ke mulutnya. Hal ini justru membuat anak trauma dan semakin susah makan. Suasana makan yang menyenangkan akan mendorong anak untuk cepat makan.

Baca juga: Anak sulit makan, mungkin ia terkena 8 penyakit ini

Saat anak menolak untuk menerima makanan, sebaiknya Mama tidak mengganti menu dengan apa yang ia suka. Mama perlu menyamakan makanan yang Mama Papa konsumsi dengan makanan yang ia makan. Cara ini akan memberikan kesan bahwa anak juga akan bersama-sama menghabiskan makanan sama dengan Mama dan Papa. Hindari memberikan makanan olahan atau makanan tidak sehat yang dapat menganggu kesehatan anak.

Jadwal makan yang tepat juga sangat penting dalam menghadapi anak yang susah makan. Mama perlu menghindari memberinya susu atau makanan manis lainnya saat mendekati waktu makan. Pemberian susu sebaiknya diberikan tidak pada siang hari karena dapat merusak selera makannya. Saat makan juga Mama cukup memberinya air putih. Makanan dan minuman manis akan membuat anak menjadi mudah kenyang.

Baca juga: 5 kesalahan Mama yang membuat anak susah makan

Kesabaran memang jadi kunci ketika anak susah makan. Mama tak boleh langsung menyerah ketika anak menolak makanan yang diberikan. Cobalah untuk tetap pada pola makan yang konsisten. Jika anak menolak satu jenis makanan, berikan waktu atau jarak sebelum mengenalkan makanan baru yang lainnya. Mengenalkan anak dengan berbagai jenis makanan juga penting untuk mencari apa yang si kecil suka.