Jangan Salah Menggunakan Seat Belt Pada Anak, Ini Akibatnya!

By Gisela Niken, Senin, 31 Oktober 2016 | 06:00 WIB
Penggunaan seat belt pada anak yang salah bisa berbahaya (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Saat berpegian khususnya dalam menggunakan mobil, Mama jangan sampai tidak teliti terhadap keselamatan anak. Penggunaan seat belt sangat penting. Tidak hanya main menggunakan saja, Mama juga perlu memastikan penggunaan seat belt pada anak dengan tepat. Seorang anak berusia 6 tahun di Amerika Serikat mengalami kecelakaan serius akibat salah penggunaan seat belt.

Baca juga: Nyaman berkendara dengan mobil

Samantha Swartwout sedang pergi bersama sang ayah dan dalam perjalanan pulang mobil yang mereka tumpangi menabrak pohon. Samantha kala itu memang menggunakan seat belt. Namun apa daya, ia menggunakannya dengan salah. Ia melepas seat belt yang menyilang di antara pundak dan dadanya. Hal ini membuat seat belt yang terletak di perutnya justru merobek perutnya.

Baca juga: Mudik bersama bayi naik mobil, ini yang perlu dipersiapkan?

Selain luka berat pada perut, Samantha juga mengalami luka kepala yang cukup berat. Shelly Martin, sang ibu bahkan tidak menduga jenis luka yang dialami oleh putrinya. Dr. Charles Bagwell mengungkapkan bahwa cedera yang dialami Samantha terlalu parah. “Garis sabuk pengaman benar-benar memotong perutnya dan membuat memar besar di perutnya. Banyak yang sebenarnya sulit untuk diperbaiki,” ujarnya.

Meski sudah melewati berbagai rangkaian panjang operasi, Samantha masih harus menjalani proses pemulihan yang cukup panjang. Dokter bahkan memperkirakan Samantha baru bisa kembali ke sekolah pada tahun 2017. “Kami hanya bisa menunggu di sampingnya dan berharap bahwa ia bisa bangun, berlari dan bermain seperti biasa,” ujar Shelly sang ibu. Hingga kini Samantha juga masih terbaring di rumah sakit.

Baca juga: Jangan pasang stiker ini di mobil, ini bahayanya!

Peristiwa yang dialami oleh Samantha juga menjadi pembelajaran penggunaan seat belt pada anak bagi orangtua di mana pun. Jika si kecil dirasa tidak bisa duduk dengan seat belt orang dewasa sebaiknya gunakan booster atau kursi yang diperuntukan khusus anak. Hal ini untuk memastikan seat belt justru tidak melukai si kecil saat terjadi kecelakaan.