Ini Jenis Baju Yang Bisa Membuat Bayi Tidur Nyenyak

By Gisela Niken, Senin, 31 Oktober 2016 | 07:15 WIB
Bayi Sering Kaget Saat Tidur. Ini Penyebabnya (Puri)

Tabloid-Nakita.com – Ada banyak faktor yang memengaruhi tidur bayi. Sebuah penelitian mengungkapkan cara untuk membuat bayi tidur nyenyak. Penelitian yang dilakukan di Laboratoire Ethologie Animale et Humain menemukan bayi yang menggunakan baju tidur terusan dan menutup seluruh tubuhnya lebih mudah tidur nyenyak dibanding yang menggunakan baju biasa.

Baca juga: 11 cara agar bayi tidur nyenyak

Para ilmuwan dari Perancis menyimpulkan bahwa sentuhan dapat membuat bayi lebih tenang, kurang stres dan lebih bahagia. Pakaian yang tertutup dan menyelimuti bayi akan membuat bayi merasa lebih tenang. Mereka akan selalu merasa disentuh. Hal ini akan membantu bayi untuk tidur lebih nyenyak. Begitu pula dengan bayi yang dibedong. Membungkus bayi dengan selimut akan membantu menurunkan tingkat stres pada bayi.

Baca juga: Ini persiapan agar bayi tidur lelap

Meski begitu, para peneliti tetap merekomendasikan pakaian tidur sebab membungkus bayi saat tidur juga mungkin menghambat gerakan bayi saat sedang tidur. Pastinya, Mama perlu melihat pakaian yang hangat dan nyaman untuk bayi sebagai pakaian terbaik untuk membuatnya tidur nyenyak. Selain itu, pastikan bahan pakaian bayi membuatnya nyaman dan tidak berkeringat.

Sebagian besar masalah tidur pada bayi mungkin terjadi akibat suasana tidur yang kurang menyenangkan. Suasana tidur bisa saja datang dari suhu ruangan yang membuat bayi tidak nyaman. Suhu ruangan bisa diperparah dengan baju bayi yang tidak menyerap keringat. Jika ingin tetap membungkus bayi atau membedong bayi, pastikan membuat bayi nyaman dan bisa bergerak kala tidur.

Baca juga: Kiat membuat bayi tidur lelap tanpa perlu digendong dan disusui

Selain masalah pakaian, membuat bayi tidur nyenyak  juga bisa dimulai dengan membuat rutinitas tidur. Mama bisa menggunakan berbagai rutinitas tidur seperti menyanyikan sebuah lagu untuknya atau meredupkan lampu. Stimulus sederhana termasuk mengganti pakaian tidur akan menjadi tanda bagi bayi untuk bisa tidur nyenyak.