Tidur Cukup Saat Hamil, Kunci Persalinan Cepat dan Lancar

By Gisela Niken, Selasa, 1 November 2016 | 04:45 WIB
Tidur cukup menjadi kunci persalinan lancar dan cepat (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Salah satu rahasia untuk proses melahirkan yang cepat dan lancar ternyata datang dari tidur yang cukup. Hal ini diungkapkan dalam sebuah penelitian yang dialkukan oleh UCSF School of Nursing. Masalah saat proses persalinan ternyata bisa diatasi hanya dengan tidur yang cukup. Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu Mama lakukan agar persalinan cepat dan lancar.

Baca juga: Pinggul lebih besar lebih gampang melahirkan?

Penelitian ini mengungkapkan tidur yang cukup juga menurunkan risiko operasi caesar. Mama hamil yang waktu tidur pada malam hari kurang dari enam jam berisiko pada proses persalinan yang lama. Selain itu, Mama akan mengalami risiko empat kali lebih mungkin mengalami operasi caesar. Bahkan, Mama yang tidur antara enam hingga tujuh jam setiap malam juga masih berisiko mengalami operasi caesar.

Baca juga: Mengenal tahap pembukaan saat melahirkan

Temuan studi ini menemukan bahwa enam jam per malam akan memiliki waktu persalinan hingga 29 jam. Sementara untuk Mama yang tidur selama tujuh jam serta lebih setiap malam, waktu persalinan akan mencapai waktu 17,7 jam. Artinya, penelitian ini merekomendasikan untuk ibu hamil tidur pada jam yang idela yani 8 jam tidur bahkan lebih. Hal ini mengingat ibu hamil kerap terganggu tidurnya akibat nyeri atau bolak balik ke toilet.

Sementara itu, ada banyak manfaat cukup tidur saat hamil. Manfaat tidur antara lain meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan untuk mencegah depresi kala hamil. Tidur yang cukup saat hamil juga menjaga tubuh Mama agar tetap aktif. Istirahat yang cukup memang jadi kunci bagi kesehatan Mama selama hamil. Meski kedengarannya mudah, tidur cukup saat hamil memang sulit untuk dilakukan.

Baca juga: Daftar persiapan suami menjelang istri melahirkan

Persalinan cepat dan lancar perlu dibantu dengan memilih waktu tidur yang tepat. Memilih bantal serta suasana tidur yang baik juga sangat dibutuhkan agar Mama bisa tidur dengan nyenyak kala hamil. Gunakan waktu di pagi atau siang hari untuk banyak beristirahat. Hal ini guna membantu Mama mengganti waktu tidur yang kadang hilang akibat masalah atau gangguan yang terjadi saat hamil.