Ini Tanda Pria Kurang Subur

By Gisela Niken, Kamis, 3 November 2016 | 22:45 WIB
Alasan Pria Lebih Cepat Orgasme Dibanding Wanita (Puri)

Tabloid-Nakita.com – Masalah ketidaksuburan bukan semata-mata masalah pada wanita saja. Sekitar 50% kasus ketidak suburan disebabkan oleh faktor pria. Maka, masalah kesuburan perlu juga dicek dari kedua belah pihak yakni Mama dan Papa. Para ahli menyarankan ketika Mama dan Papa sedang mencoba hamil namun tidak ada hasil dalam kurun satu tahun, uji kesuburan sangat direkomendasikan. Berikut tanda pria kurang subur yang membutuhkan bantuan medis.

Baca juga: Bersepeda ekstrim bikin pria tidak subur?

Menguji kesuburan pria yang paling akurat tentu dengan tes laboratorium. Sebuah pengujian air mani adalah cara tepat untuk menentukan tingkat kesuburan seseorang. Beberapa hal yang dilihat antara lain jumlah sperma, bentuk sperma serta mobilitas sperma. Normalnya saat ejakulasi seseorang akan mengeluarkan lebih dari 29 juta sel sperma per mililiter.

Selain jumlah, kualitas sperma juga akan dilihat. Faktor kadar testosteron dan prolaktin menjadi hal yang dilihat. Papa yang memiliki kualitas sperma rendah biasanya dipengaruhi oleh banyak hal. Kelelahan, pola makan buruk serta pola hidup yang buruk dapat menurunkan kualitas sperma. Ketidaksuburan pada pria akan berdampak pada kemampuan sperma bergerak dan struktur sperma yang tidak lengkap sehingga mengurangi faktor keberhasilan kehamilan.

Baca juga: Penyebab pria kurang subur yang umum terjadi

Tanda pria kurang subur juga datang dari kebiasaan sederhana. Papa sebaiknya menghindari menggunakan celana dalam yang terlalu ketat. Selain itu, hindari mandi air panas terlalu sering yang menyebabkan area genital memiliki suhu panas. Panas dapat merusak produksi sperma. Olahraga ekstrim seperti bersepeda ekstrim juga berpengaruh pada kesuburan.

Baca juga: 10 kelirumologi penyebab susah hamil

Tanda pria kurang subur juga dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi. Makanan tinggi vitamin, zat besi dan folat menjadi daftar makanan yang perlu dikonsumsi oleh Papa yang ingin membantu Mama cepat hamil. Mengurangi kafein, rokok serta alkohol juga sangat baik untuk mengurangi tanda pria kurang subur.