Jangan Biasakan Anak Makan Sambil Menonton Televisi, Ini Akibatnya!

By Gisela Niken, Selasa, 8 November 2016 | 03:45 WIB
Anak makan sambil menonton televisi menimbulkan dampak buruk (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Salah satu cara yang mungkin Mama lakukan agar anak mau makan adalah memberi kesempatannya untuk makan di mana saja. Makan di depan televisi jadi pilihan yang kerap Mama pilih. Namun sebaiknya Mama menghindari membuat anak makan sambil menonton televisi. Sebuah studi di Amerika mengungkapkan bahaya dari kebiasaan tersebut.

Baca juga: Jangan lakukan ini saat menyuapi anak makan

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal Appetite ini mengungkapkan bahwa keluarga yang makan di depan televisi cenderung mengonsumsi makanan kurang sehat dan kurang menikmati makanan. Menurut Amanda Trofholz, salah seorang peneliti dari University of Minnesota mengungkapkan orangtua seharusnya memanfaatkan waktu makan bersama keluarga ini. “Waktu makan keluarga merupakan faktor penting dalam kesehatan anak,” ujarnya seperti dilansir dari Fox News.

Selain itu, makan sambil menonton televisi juga mengurangi kesempatan untuk bersosialisasi antara keluarga. Penelitian ini melihat faktor risiko obesitas pada 120 keluarga yang memiliki anak usia 6 hingga 12 tahun. Hasilnya, keluarga yang tidak menonton televisi ternyata lebih sehat secara signifikan dari keluarga lain. Sementara keluarga yang gemar menonton televisi sambil makan cenderung punya pola makan sangat bebas.

Baca juga: Yang harus Mama lakukan saat anak susah makan

Anak-anak yang tidak menonton televisi juga memiliki risiko lebih rendah untuk mengalami obesitas dibanding anak yang menonton televisi. “Anak yang tidak terganggu dengan televisi akan lebih punya kesempatan untuk menikmati makan. Mereka juga bisa mencoba makanan baru dan lebih mudah menerima pilihan makanan sehat yang disediakan,” ujar Eileen Fitzpatrick, salah seorang peneliti yang berasal dari The Sage Colleges di New York.

Baca juga: 5 kesalahan yang membuat anak susah makan

Anak makan sambil menonton televisi juga cenderung terpengaruh dengan tontonan di televisi. Dalam tontonan anak akan melihat contoh makanan tidak sehat sehingga mereka mencontoh apa yang merkea lihat. Selain itu, makan sambil menonton televisi juga membuat anak tidak berpikir saat makan sehingga tidak menyadari saat makan berlebihan dan tidak dengan gizi yang seimbang.