Trik Mengatasi Aneka Masalah Seputar Menstruasi

By Gisela Niken, Selasa, 8 November 2016 | 04:15 WIB
Nyeri perut menjadi salah satu masalah seputar menstruasi (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Menstruasi menjadi salah satu masa yang sulit bagi wanita. Perubahan hormon dan nyeri yang dirasakan selama menstruasi membuat Mama mengalami berbagai masalah kala menstruasi. Namun, Mama bisa mengurangi masalah menstruasi. Untuk itu, Mama sebaiknya mencoba mengatasi masalah seputar menstruasi dengan berbagai solusi berikut ini.

Baca juga: Manfaat menstruasi yang perlu Mama tahu

1.Kelelahan

Menstruasi berarti Mama akan mengalami kelelahan yang luar biasa. Perubahan hormon membuat Mama akan menjadi lebih lelah dari biasanya. Untuk mengatasinya, Mama perlu menghindari makanan atau minuman yang mengandung gula. Selain itu, coba untuk olahraga lebih teratur menjelang waktu menstruasi. Jika terlalu lelah, mandi air hangat dapat membantu Mama lebih santai.

2.Kram

Kram memang menjadi masalah umum yang dialami Mama saat menstruasi. Untuk mengatasinya, Mama membutuhkan persiapan dan mengontrol makanan yang masuk. Coba untuk mengonsumsi bahan alami seperti jamu kunyit asam. Selain itu, hindari gula, garam dan kafein yang berlebihan. Makanan yang tinggi serat juga baik untuk mengatasi dan mengurangi rasa kram saat menstruasi.

Baca juga: 5 fakta mengejutkan seputar menstruasi

3.Jerawat

Jerawat dan menstruasi memang menjadi dua hal yang tidak terpisahkan. Perubahan hormon ternyata juga berpengaruh pada kulit Mama. Sebaiknya Mama menghindari gula dan garam sebelum menstruasi dan perbanya buah dan sayur. Perawatan wajah sederhana seperti memakai masker wajah sebelu menstruasi juga membantu menjaga kulit tetap sehat selama menstruasi.

Baca juga: Menstruasi tidak teratur, apakah bisa hamil?

4.Stres

Lagi-lagi hormon juga menyebabkan stres pada wanita yang sedang menstruasi. Apalagi jika Mama rentan terhadap kecemasan dan depresi. Masalah seputar menstruasi ini perlu diatasi dengan kegiatan sederhana seperti kegiatan menenangkan seperti yoga. Luangkan waktu beberapa menit pada pagi hari untuk mengambil napas sejenak dan menenangkan diri agar selama seharian Mama bisa jauh lebih tenang.