Ini 5 Cara Mengajarkan Jajanan yang Aman untuk Anak

By Gisela Niken, Rabu, 9 November 2016 | 02:45 WIB
Suka Makan Jajanan Berwarna, Kini Rizky Harus Cuci Darah Dua Kali Seminggu (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com -  Jajanan yang tidak sehat pasti tidak ingin diberikan atau dikonsumsi oleh si kecil. Mama perlu melakukan pengawasan jajanan yang aman untuk anak dengan cara memberikan informasi kepada si kecil mengenai kriteria jajanan yang aman. Danone Indonesia bersama Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) melakukan Gerakan Pangan Aman dengan mengajarkan lima kunci keamanan pangan berikut ini.

Baca juga: Cara mudah mencegah anak jajan sembarangan

1.Kenali pangan yang aman

Drs. Halim Nababan, MM, Direktur Surveilan dan Penyuluhan Keamanan Pangan BPOM yang ditemui di acara Pangan Aman bersama Danone pada Kamis (9/11) di Jakarta mengungkapkan anak perlu diedukasi untuk mengenal makanan mana yang aman atau tidak. “Caranya bisa sederhana misalnya dengan meminta anak melihat warna dari makanan tersebut. Jika warnanya ternyata sama dengan pakaian berarti menggunakan pewarna testil,” ujarnya. Mama juga bisa mengajarkan kepada si kecil dengan melihat tempat sekitar jajanan tersebut dijual misalnya makanan yang dijual di pinggir jalan dan terkena debu tentu bukan pangan yang aman.

2. Beli pangan yang aman

Setelah meminta anak untuk mengenali pangan yang aman tentu anak akan memahami mana yang seharusnya dibeli atau tidak. Mama juga bisa mengajarkan pada anak melihat pangan bisa dari kemasannya. Jika kemasan sudah rusak, sebaiknya jangan biasakan anak untuk membelinya. Edukasi ini perlu Mama kenalkan sejak dini agar si kecil lebih mudah memahami mana makanan yang aman atau tidak.

Baca juga: Waspada jajanan anak berisi kondom

3.Baca label dengan seksama

Jika membeli makanan atau minuman dalam kemasan, ajak si kecil untuk melihat label dari makanan tersebut. Jika terlalu sulit mengenali kandungan di dalamnya, Mama bisa melihat bagian yang dasar misalnya tanggal kadaluarsa. Mama juga perlu lebih sering mengecek label pada makanan. Kandungan gula dan pewarna yang berlebihan perlu dihindari.

4. Jaga kebersihan

Tidak hanya makanan yang sehat saja, si kecil juga perlu diajarkan kebersihan sejak dini. Rajin mencuci tangan menjadi kebiasaan dasar yang perlu dimiliki anak. Jangan sampai makanan sehat yang ia konsumsi menjadi tidak sehat akibat bakteri dan kuman dari tangan yang kotor. Membuang sampah pada tempatnya dan menjaga kebersihan area makan juga perlu diajarkan sejak dini.

Baca juga: Ajari anak memilih jajanan sehat

5.Catat apa yang ditemui

Tidak hanya melihat jajanan yang aman untuk anak. Mama juga perlu membantu si kecil untuk melaporkan apa yang ia temukan. Misalnya saat di sekolah melibat jajanan yang berwarna terlalu menyala atau banyak anak yang sakit di sekolah. Mama perlu melaporkannya pada Puskesmas atau BPOM setempat. “Kami juga sedang membuat inspektur cilik untuk diberi ilmu agar bisa memberi edukasi kepada teman-temannya dan melaporkan bila ada produk jajanan yang tidak aman,” ujar Halim Nababan.