Ini Persiapan Penting Bagi Papa yang Akan Menemani Mama Melahirkan

By Gisela Niken, Kamis, 10 November 2016 | 21:30 WIB
Persalinan Macet Setelah Berjam-jam Proses Melahirkan (Dini)

Tabloid-Nakita.com – Dukungan Papa sangat penting dalam proses melahirkan. Maka, penting bagi Papa untuk melakukan persiapan. Aneka persiapan ini akan membantu Mama menjadi lebih kuat dan lancar dalam persalinan. Berikut beberapa hal penting yang perlu diperhatikan jika suami mendampingi istri melahirkan.

Baca juga: Ini persiapan agar melahirkan normal

Dukungan adalah hal yang utama. Jadi, pastikan Papa selalu mendukung Mama secara emosional dan fisik. Informasi seputar persiapan kelahiran penting untuk Papa lakukan agar mengetahui dukungan apa yang perlu diberikan ketika Mama mengalami masalah saat melahirkan. Papa perlu menanyakan hal ini pada saat kunjungan ke dokter. Peran aktif Papa sangat penting untuk membantu Mama mengatasi masalah saat melahirkan.

Baca juga: Persiapan fisik sebelum melahirkan

Selain membantu Mama mengatasi rasa sakitnya jelang melahirkan, Papa juga perlu membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari. Misalnya menyiapkan makanan dan membantunya saat mandi. Cara sederhana ini pun sangat membantu Mama yang akan melahirkan. Papa juga perlu lo merawat diri sendiri. Makan dan minum jelang persalinan penting untuk mengisi energi agar maksimal dalam mendampingi istri.

Tidak hanya memersiapkan selama kelahiran, Papa juga perlu bersiap dalam menghadapi situasi setelahnya. Papa mungkin akan mengalami emosi yang sangat kuat. Mulai dari kekaguman melihat Mama begitu berjuang untuk melahirkan hingga perasaan penuh cinta setelah melihat si kecil lahir. Setelah proses yang melelahkan dari melahirkan, menyentuh bayi akan mengurangi efek stres dan memberikan ketenangan. Jadi, cobalah untuk membelai si kecil guna menenangkan diri.

Baca juga: 3 kebiasaan agar melahirkan lancar dan cepat

Saat suami mendampingi istri melahirkan, hal lain yang mungkin terjadi adalah baby blues di mana Mama akan mengalami perubahan suasana hati. Jangan menyalahkan Mama akan keadaan tersebut karena perubahan hormon yang signifikan. Papa perlu memberikan pendampingan hingga setelah melahirkan agar Mama bisa melewati masa baby blues dengan lancar.