Anak Merengek Terus? Atasi dengan Pola Asuh Ini

By Gisela Niken, Jumat, 11 November 2016 | 01:30 WIB
Tip Agar Anak Tak Merengek di Tempat Umum (Puri)

Tabloid-Nakita.com – Merengek dan mencari perhatian menjadi tanda bahwa anak butuh hal yang lebih selain cinta dan perhatian. Mama tak perlu memanjakan si kecil atau memberi apa yang ia inginkan. Terdapat beberapa cara untuk mengatasi anak suka merengek. Pola asuh yang tepat dapat membuat anak tidak manja serta tidak suka merengek.

1.Buat waktu agar anak tertawa

Salah satu penyebab anak yang gemar merengek adalah rasa takut berlebihan yang dialami oleh si kecil. Maka, salah satu cara untuk mengatasi anak yang gemar merengek adalah membuat aktivitas yang membuatnya tertawa. Cobalah untuk melakukan permainan atau aktivitas fisik yang membantu anak untuk mengatasi rasa takut. Lakukan permainan seperti berlari di luar ruangan, bermain air dan lain-lain. Tertawa dan aktivitas fisik dapat mengurangi rasa takut dan kecemasan.

Baca juga: Cara menghilangkan kebiasaan merengek pada anak

2.Mengurangi kemungkinan anak merengek

Jika mengetahui anak suka merengek, Mama perlu mengurangi kemungkinan terjadinya hal tersebut. Misalnya saat pergi ke pusat perbelanjaan, anak kerap merengek minta mainan atau permen. Lebih baik Mama tidak mengajaknya atau tidak melewati toko mainan. Mencegah sangat baik untuk tidak membuat anak merengek. Terlalu sering merengek justru akan membuat anak menganggap merengek adalah cara tepat untuk meminta sesuatu.

Klik di sini untuk halaman selanjutnya