Ketiak Gatal dan Menghitam? Ini Cara Mudah Mengatasinya

By Gisela Niken, Senin, 14 November 2016 | 23:45 WIB
Untuk mengatasi ketiak gatal dan menghitam, Mama bisa menggunakan cara alami (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Meski tak terlihat, ketiak menjadi bagian tubuh yang banyak diperhatikan Mama. Selain dapat menjadi sumber bau badan, ketiak juga jadi perhatian dalam penampilan terutama jika sedang menggunakan baju tanpa lengan. Berbagai masalah yang kerap dialami ialah ketiak gatal, menghitam hingga iritasi. Berikut beberapa cara untuk mengatasi ketiak gatal dan menghitam.

Baca juga: Hilangkan kulit hitam di lutut dan ketiak dengan cara berikut ini.

Ketiak gatal

Ketiak gatal biasanya disebabkan oleh berbagai masalah, salah satunya gatal akibat habis mencukur bulu ketiak. Gatal juga bisa disebabkan oleh masalah deodoran. Maka, penting bagi Mama untuk menghindari deodoran yang mengandung pewangi terlalu banyak. Parfum dalam deodoran yang berlebihan dapat jadi penyebab iritasi dan meningkatkan sensitivitas.

Ketika hitam

Untuk mengatasi ketiak hitam, Mama hanya perlu menggunakan susu segar tanpa rasa. Asam lemak dan vitamin dalam susu sangat baik untuk kulit ketiak Mama yang lebih cerah. Campurkan tepung dan susu hingga menjadi krim kemudian oleskan krim ke ketiak dan biarkan selama 15 menit. Kemudian bilas dengan air. Menggosok dengan irisan mentimun juga menjadi cara tepat untuk menghilangkan kulit hitam pada ketiak.

Baca juga: Begini cara mudah agar kulit wajah mulus seperti bayi

Ketiak iritasi setelah dicukur

Kulit ketiak ternyata sangat sensitif. Ia menjadi tempat kelenjar keringat dan foliketl rambut. Maka, penting bagi Mama untuk berhati-hati dalam mencukur rambut ketiak. Pertama-tama, Mama sebaiknya menghindari mencukur dengan kondisi kulit ketiak yang kering. Mama perlu mencuci ketiak dengan pelembab atau krim cukur. Saat mencukur, ikuti arah pertumbuhan rambut dan cukur dengan perlahan tanpa tekanan. Gunakan pula pisau cukur yang bersih.

Baca juga: Cara memutihkan wajah secara alami, murah dan cepat

Pemilihan deodoran yang tepat juga penting dalam mengatasi ketiak gatal dan menghitam. Cari deodoran yang sesuai dengan tingkat produksi keringat. Jika produksi keringat berlebihan, usahakan rajin menggunakan deodoran. Selain itu, pemakaian deodoran juga sebaiknya saat ketiak sedang lembab seperti langsung setelah mandi. Penggunaan deodoran di malam hari sebelum tidur ternyata lebih terasa manfaatnya dibanding saat mandi pagi hari.