Cara Tepat Menjaga Agar Gigi Bayi Tumbuh Sehat dan Rapi

By Gisela Niken, Selasa, 15 November 2016 | 02:45 WIB
Pertumbuhan gigi bayi perlu dipantau dan dirawat dengan tepat. (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Pertumbuhan gigi anak perlu dijaga sejak dini agar tumbuh dengan sehat. Menjaga pertumbuhan gigi bayi sejak dini dapat membantu pula si kecil punya kebiasaan yang baik. Dengan begitu saat ia besar nanti, ia akan terbiasa menjaga kebersihan giginya. Berikut beberapa cara ynag perlu Mama lakukan agar gigi bayi tumbuh sehat dan rapi.

Baca juga: Tip merawat gigi bayi yang baru tumbuh

Membersihkan kebersihan mulut menjadi cara paling sederhana untuk menjaga kesehatan dan kebersihan giginya. Jika gigi bayi sudah muncul, gunakan sikat gigi lembut yang dirancang khusus untuk bayi. Lakukan kegiatan ini selama 20 deti dan lakukan dua kali dalam sehari. Pada bayi, Mama tak perlu menggunakan pasta gigi. Jika ia sudah berusia 1 tahun berikan pasta gigi dengan ukuran sebesar beras.

Tidak hanya membersihkan gigi bayi saja, Mama perlu menjadikan ritual membersihkan gigi jadi menyenangkan. Misalnya Mama dan Papa perlu ikut menggosok gigi bersamanya agar ia merasa senang saat menggosok gigi bersama. Tak masalah membiarkannya mencoba menggosok giginya sendiri. Intinya, buat waktu membersihkan gigi jadi waktu menyenangkan untuknya.

Klik halaman selanjutnya di sini