Hal yang Harus Dihindari Jika Ingin Cepat Pulih Setelah Operasi Caesar

By Gisela Niken, Selasa, 15 November 2016 | 03:45 WIB
Tetap menjaga makanan yang masuk dan melakukan aktivitas fisik menjadi cara agar cepat pulih setelah operasi caesar (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Banyak yang bilang kalau operasi caesar sangat susah untuk pemulihannya. Hal itu memang benar karena itu kondisi tubuh perlu dijaga agar tidak bermasalah setelah operasi caesar. Maka, Mama bisa mempercepat pemulihan operasi caesar dengan beberapa cara. Mama sebaiknya menghindari beberapa hal berikut jika ingin cepat pulih setelah operasi caesar.

Saat sudah diperbolehkan bergerak dan berjalan, ada baiknya Mama memanfaatkan kesempatan ini untuk banyak melakukan aktivitas. Pemulihan akan lebih cepat dibanding Mama hanya berbaring di lakukan. Namun, Mama perlu melakukannya secara perlahan karena rasa pusing akan menghampiri. Saat ingin pergi ke toilet, Mama tak perlu menahannya karena takut jahitan lepas. Cobalah untuk melakukan aktivitas seperti biasa.

Baca juga: Nyeri yang akan Mama rasakan setelah operasi caesar

Makanan setelah melahirkan juga perlu diperhatikan. Jangan langsung mengonsumsi makanan pedas, berlemak atau terlalu manis. Operasi caesar kerap membuat kaget sistem pencernaan Mama. Menjaga tubuh tetap terhidrasi juga penting untuk mencegah terjadinya sembelit. Menghindari mengangkat beban berat juga perlu dilakukan jika Mama ingin cepat pulih. Penyembuhan bagian luar dan dalam tubuh membutuhkan waktu.

Klik halaman selanjutnya di sini