Ini Stimulus yang Dapat Mengatasi Penyebab Anak Tidak Lancar Bicara

By Gisela Niken, Senin, 21 November 2016 | 01:30 WIB
Waspada, Ini Gejala Anak Telat Bicara (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Bicara menjadi proses tumbuh kembang anak yang membutuhkan beberapa trik khusus. Mama perlu melakukan beberapa hal agar lancar bicara. Sayangnya terdapat beberapa hal yang menjadi penyebab anak tidak lancar bicara. Mama perlu melakukan beberapa stimulus dan hal guna mencegah anak mengalami masalah dalam hal bicara.

Baca juga: 6 cara agar anak lancar bicara

1.Salah ucapan

Salah satu hal yang kerap terjadi pada anak adalah salah ucap. Misalnya kata “Kucing” menjadi “Cing”. Meskipun terlihat lucu, sebaiknya Mama perlu memperbaiki salah ucapan tersebut. Cobalah untuk sering mengucapkan kata-kata benar di depannya. Kata-kata yang benar juga perlu diucapkan dengan tempo lambat dan jelas di depan wajahnya. Hal ini akan membantu anak lebih cepat belajar dan bisa mengucapkan kata dengan lancar.

2.Cadel

Salah satu hal yang menyebabkan masalah pada bicara adalah cadel. Huruf seperti R dan S menjadi huruf yang cukup sulit dilafalkan. Cara paling tepat untuk mengatasinya adalah memberikan contoh pada anak tentang bagaimana melafalkan dengan benar. Jangan khawatir jika anak masih cadel atau salah melafalkan huruf. Biasanya anak akan mengucapkan dengan benar pada usia 7 tahun. Pastikan pula napasnya nyaman karena masalah pernapasan seperti sinus dan alergi akan menyebabkan kesulitan dalam pelafalan.

Klik halaman selanjutnya di sini