Berita Kesehatan: 3 Trik Ampuh Agar Moms Tak Betah Duduk Lama

By Soesanti Harini Hartono, Selasa, 6 November 2018 | 15:16 WIB
berdiri dua jam sehari dapat mengurangi kadar gula darah sebesar 2% dan trigliserida sekitar 11%. (Thinkstock)

Nakita.id.- Sebuah penelitian terbaru dari University of South Carolina menemukan bahwa duduk di tempat kerja sepanjang hari bisa dikaitkan dengan obesitas, penyakit jantung,  kanker, diabetes, dan gangguan serius lainnya.

Selain meningkatkan risiko naiknya kadar gula atau lemak dalam darah, kebanyakan duduk juga akan membuat berat badan naik tak terkendali serta meningkatkan risiko kanker.

Posisi duduk selama berjam-jam juga diduga menyebabkan masalah tulang belakang dan gangguan sendi dalam jangka panjang.

Baca Juga : Moms, Ini Alasannya Kenapa Berdiri Lebih Baik Daripada Duduk

Sebaliknya, menurut laporan indiatimes.com, berdiri dua jam sehari dapat mengurangi kadar gula darah sebesar 2%  dan trigliserida sekitar 11%.

Berdiri juga dapat meningkat kadar kolesterol baik yang dikenal sebagai HDL.

Bila Moms  tak memiliki waktu untuk pergi ke gym, cobalah untuk berdiri di tempat kerja selama beberapa saat atau melakukan pekerjaan rumah tangga dengan berdiri.

Baca Juga : Tren Baru Moms Milenial Berbagi Kebaikan, Berbelanja Sambil Berdonasi

Dalam sebuah artikel yang diterbitkan American Journal of Preventive Medicine, para ahli menyarankan mendesain ulang tempat kerja untuk mengurangi masalah kesehatan. Apakah ada alternatif agar tetap sehat di tempat kerja?

Trik 1: Bekerja sambil berdiri

Bekerja sambil berdiri? Berdiri saat bekerja di kantor sekarang ini populer, lo.  Bahkan, mantan Menteri Pertahanan AS Donald Rumsfeld dikenal lebih suka berdiri sambil bekerja.