Berita Kesehatan Anak: Lindungi Mata Bayi Saat Menjemur, Ini Caranya

By Soesanti Harini Hartono, Selasa, 6 November 2018 | 21:10 WIB
Saat bayi dijemur, Moms dapat menutupi mata bayi dengan kacamata tabir surya (sunglasses). (Baby Banz Adventure)

Nakita.id - Menjemur bayi di pagi hari memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, karena matahari pagi memiliki kandungan spektrum sinar biru yang dapat membantu dalam mengurangi kadar bilirubin dalam darah bayi.

Pada umumnya, bayi baru lahir memiliki kecenderungan kuning karena organ hatinya belum dapat berfungsi dengan sempurna dalam mengolah bilirubin.

Baca Juga : Menjemur Bayi Sangat Disarankan. Tiru Cara yang Benar

Saat menjemur bayi, Moms juga perlu mencari tahu kapan waktu yang tepat dan berapa lama waktu menjemurnya, yaitu sebelum pukul 08.00 pagi dan dijemur hanya selama 15 menit.

Jangan terlalu siang dan lama, karena kulit bayi masih sangat tipis dan sensitif, sehingga tidak mampu menahan terik sinar matahari.

Bayi dapat dijemur dari balik jendela namun tetap terkena sinar matahari, jika sinar matahari terlalu terik atau rumah berada di jalan raya dan banyak polusi.

Pada saat menjemur bayi, tanggalkan semua pakaian yang dikenakan bayi, termasuk popok. Pastikan bahwa sinar matahari mengenai tubuh bayi secara merata. Balikkan tubuh bayi setelah 15 menit.

Baca Juga : Berita Kesehatan : Posisi Tidur Terbaik, Miring Ke Kiri Atau Ke Kanan? Ini Kata Ahli

Tak kalah penting, lindungi mata bayi dari sinar matahari. Jika perlu Moms dapat menutupi mata bayi dengan kacamata tabir surya (sunglasses).

Tujuannya, agar mata bayi selalu aman pada saat beraktivitas di luar, misal pada waktu berjemur pagi, kacamata hitam dengan pelindung UV akan membantu melindungi mata bayi.