Ini 5 Manfaat Mengejutkan Merangkak untuk Tumbuh Kembang Bayi

By Gisela Niken, Kamis, 24 November 2016 | 21:30 WIB
Ternyata ada banyak manfaat merangkak untuk bayi (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Wah si kecil sudah bisa merangkak! Tidak hanya sebagai tanda ia sudah menjadi lebih besar, merangkak juga bermanfaat untuk bayi. Terdapat beberapa manfaat merangkak untuk bayi yang perlu Mama ketahui. Aneka manfaat ini tentu saja menjadi tanda bahwa Mama perlu memberinya stimulus untuk merangkak.

Baca juga: Cemas karena bayi belum merangkak malah ngesot?

1.Perkembangan fisik

Gerakan kaki dan tangan saat merangkak dapat membantu menyiapkan fisik bayi. Hal ini akan membantu bayi dalam proses agar bisa berjalan, berlari dan melompat di kemudian hari. Merangkak dapat membantu keterampilan otot kasarnya. Selain itu, dapat pula membantu keterampilan motorik halus misalnya dengan memperkuat otot-otot kecil di tubuh seperti tangan dan jari. Hal ini akan membantu anak mampu melakukan gerakan kecil seperti mengunyah dan menulis dengan pensil.

2.Pemahaman spasial

Merangkak dapat membantu bayi memahami konsep tata ruang. Anak akan memahami bagaimana caranya menuju ke sebuah tempat dengan jalur yang lebih efisien. Anak juga akan belajar cara untuk bergerak dengan kondisi lingkungan sekitarnya. Pemahaman ini dapat membuat anak bisa mempertahankan diri dan memecahkan masalah di kemudian hari.