Cara Merangsang Kontraksi Agar Cepat Melahirkan yang Efektif

By Gisela Niken, Senin, 28 November 2016 | 23:15 WIB
Solusi Atasi Kram Saat Hamil (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com – Menjelang hari perkiraan lahir, Mama pasti ingin sekali cepat melihat si kecil lahir. Ada berbagai cara yang Mama lakukan untuk merangsang kontraksi agar cepat melahirkan. Ternyata, tidak semua cara dianggap aman dan efektif untuk dilakukan. Beberapa penelitian telah membuktikan cara yang efektif bagi Mama untuk melakukan rangsangan agar si kecil bisa cepat lahir.

Baca juga: Cara alami mengurangi rasa nyeri kontraksi melahirkan

1.Berjalan kaki

Ketika Mama melakukan jalan kaki sejenak, ternyata memang dapat membantu proses persalinan. Kegiatan fisik sederhana ini ternyata dapat membantu bayi bergerak ke posisi panggul. Hal ini akan membuat bayi bisa cepat lahir. Meski tidak ada penelitian yang cukup membuktikan bahwa berjalan kaki benar-benar membuat persalinan lebih cepat, beralan kaki dapat mengurangi kecemasan sehingga Mama menjadi lebih nyaman dan tenang jelang proses melahirkan.

2.Pijat

Pijat menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan pada akhir kehamilan. Namun, pijat sendiri tidak lantas  berhubungan langsung dengan proses melahirkan. Pijat nyatanya tidak membuat perubahan posisi janin atau merangsang tubuh agar si kecil cepat lahir. Pijat hanya bermanfaat untuk mengurangi kecemasan dan stres pada Mama. Namun, stres dan cemas yang berkurang sangat baik untuk kelancaran persalinan.

Baca juga:Merangsang kontraksi agar cepat melahirkan

3.Stimulasi puting

Merangsang puting dapat menyebabkan rahim mengalami kontraksi. Hal ini juga dapat meningkatkan peluang dan kecepatan dalam proses melahirkan. Mama bisa melakukannya dengan bantuan pasangan atau menggunakan pompa payudara untuk stimulasi ini. Stimulasi puting tidak hanya mempercepat kelahiran. Proses menyusui juga merupakan bentuk dari stimulus puting yang dapat membantu mengembalikan rahim ke ukuran semula.

Baca juga: 4 cara merangsang kontraksi

4.Akupuntur

Akupuntur ternyat masuk ke dalam cara merangsang kontraksi agar cepat melahirkan. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Perinatal Medicine mengungkapkan lebih dari 400 perempuan yang melakukan akupuntur sebelum melahirkan tidak membutuhkan induksi medis. Selain itu, akupuntur juga dapat mempercepat waktu selama proses persalinan serta mengobati depresi menjelang persalinan yang kerap dialami ibu hamil.