Perut Gatal Saat Hamil, Adakah Bahayanya?

By Gisela Niken, Selasa, 29 November 2016 | 02:00 WIB
Perut Gatal Saat Hamil (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com – Gangguan saat hamil sangat mungkin terjadi. Salah satu yang kerap terjad adalah perut yang mendadak menjadi gatal. Semakin besar perut maka semakin sering Mama mengalami gatal. Kondisi ini tentu sangat membuat rasa tidak nyaman apalagi jika Mama menggaruknya. Perut bisa menjadi luka dan menimbulkan bekas. Namun, adakah bahaya lain jika perut gatal saat hamil?

Baca juga: Cara alami atasi gangguan kulit saat hamil

Ternyata, kondisi gatal pada perut ini umum terjadi. “Gatal selama kehamilan menjadi nomor satu keluhan seputar kulit pada kehamilan,” ujar Jessica Shepherd, seorang dokter kandungan di Bundoo.com. Menurutnya penyebab yang paling mungkin terjadi adalah perkembangan janin. Janin yang berkembang menyebabkan kulit jadi mengalami tarikan sehingga berujung pada kulit kering. Untuk mengatasi perut yang gatal selama hamil, Mama perlu mampu merawat kulit kering.

Gatal selama hamil ini juga tidak bisa dianggap enteng. Perut gatal bisa menjadi tanda masalah kesehatan yang lebih serius. Pruritic Urticarial Papules and Plaque of Pregnancy atau sering disingkat PUPPP merupakan gangguan pada kulit yang lebih serius dan bisa ditandai dengan rasa gatal. Jika gatal menghasilkan benjolan merah, ruam dan bercak-bercak pada kulit bisa jadi Mama mengalami PUPPP. Hal ini akan menyebabkan rasa gatal yang cukup besar dan menyebabkan kesulitan tidur.

Baca juga: Perut gatal saat hamil

Selain masalah kulit, gatal selama kehamilan bisa menyebabkan masalah yang tidak ada hubungannya dengan kulit sama sekali. Gatal saat hamil ternyata bisa jadi tanda masalah hati yang sering disebut kolestasis. Biasanya kondisi ini ditandai dengan gatal di seluruh tubuh dan disertai dengan kulit menjadi kuning dan hilang nafsu makan. Meskipun jarang dialami oleh ibu hamil, kondisi ini dapat meningkatkan risiko keguguran.

Baca juga: 5 langkah mudah kurangi gatal saat hamil

Perut gatal saat hamil pada umumnya bisa diatasi dengan krim pelembab. Mama bisa menggunakan pelembab, minyak kelapa atau minyak zaitun untuk mengurangi kulit kering serta rasa gatal yang muncul. Tak perlu khawatir sebab rasa gatal juga biasanya hilang setelah melahirkan. Namun, Mama perlu memeriksakan diri ke dokter jika ada masalah lebih lanjut seputar rasa gatal yang muncul saat hamil.