Tidak Hanya Panu, Ini Penyebab Bercak Putih Pada Kulit dan Wajah!

By Gisela Niken, Senin, 5 Desember 2016 | 03:30 WIB
Kekurangan vitamin menjadi penyebab bercak putih pada kulit (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Kulit dan wajah yang sempurna? Mama pasti mau. Salah satu masalah kulit yang kerap terjadi adalah timbulnya bercak putih pada kulit dan wajah. Banyak yang beranggapan bahwa bercak putih pasti disebabkan oleh penyakit kulit seperti panu atau infeksi jamur. Ada beberapa penyebab bercak putih pada kulit yang perlu Mama ketahui.

Baca juga: Masalah kulit pada Mama hamil

Bercak putih bisa disebabkan oleh gangguan autoinum yang biasa disebut vitiligo. Vitiligo bisa terjadi pada setiap kelompok usia serta jenis kelamin. Biasanya orang yang terkena penyakit ini akan mengalami kehilangan warna kulit secara bertahap sehingga meninggalkan bercak putih pada tubuh. Kondisi ini juga bisa disebabkan karena faktor keturunan. Hal ini menyebabkan kesembuhan pada kondisi vitiligo agak sulit terjadi.

Baca juga: Hilangkan kulit hitam pada ketiak dan siku dengan resep alami ini

Bercak putih juga bisa disebabkan oleh faktor usia. Umumnya, perubahan warna atau kehilangan warna pada kulit orang yang sudah tua dianggap normal. Paparan sinar matahari pada pria dan wanita di atas 50 tahun bisa menyebabkan bercak putih. Menggunakan perlindungan sebelum pergi keluar sangat baik untuk mencegah terjadinya perubahan warna kulit.

Bercak putih yang terjadi pada anak ada bisa juga disebabkan beberapa penyakit yang perlu pemeriksaan dokter. Kulit kering pada anak juga bisa menyebabkan masalah bercak putih. Penggunaan pelembab yang cocok dan rutin akan membantu mengatasinya. Masalah kulit kering ini umum terjadi pada anak berusia 6 hingga 12 tahun.

Baca juga: Begini cara jadikan kulit wajah sehalus bayi

Selain berbagai penyakit tersebut, malnutrisi juga menjadi penyebab bercak putih pada kulit.Kekurangan vitamin D, vitamin E, vitamin B12 dan kalsium dapat menyebabkan bercak putih pada tubuh. Pastikan Mama mengonsumsi buah dan sayur yang cukup untuk mengatasi gangguan kulit ini. Bercak putih juga bisa disebabkan oleh antibiotik yang berlebihan, pil KB serta obat-obatan hormonal.