Nakita.com – Berbelanja online perlahan menjadi semakin lumrah dilakukan seiring berkembangnya teknologi digital. Selain lebih praktis, harga yang ditawarkan toko online juga relatif lebih murah dan jenis barang yang ditawarkan pun lebih beragam.
Beradaptasi dengan fenomena tersebut, brand sepatu Bata pun ikut berinovasi dengan menghadirkan layanan pembelian online melalui website www.bata.id.
Country Manager Bata Indonesia, Ajay Ramachandran menyebut, selain menghadirkan katalog terbaru, pelanggan juga bisa menemukan koleksi limited edition yang hanya tersedia dalam website Bata.
“Ada sekitar 20-25 persen dari produk-produk Bata yang dijual di website Bata, serta di toko resmi Bata di e-commerce. Koleksi eksklusif tersebut hanya dapat dibeli secara online," ungkap Ajay dalam keterangan resmi, Jumat (10/6/2022).
Beragam koleksi yang ditawarkan mencakup kategori sepatu formal untuk wanita dan pria, tas tangan, serta produk sepatu jenis lain seperti walking shoes, running shoes, dan outdoor shoes. Hadir pula sepatu anak dengan desain khas Marvel dan Disney.
“Koleksi formal kembali dihadirkan mengingat banyak masyarakat yang kembali beraktivitas di luar rumah. Bata juga akan terus melanjutkan kerja sama dengan Disney dan Marvel, karena alas kaki dengan tokoh-tokoh ini sangat digemari anak-anak," lanjut Ajay.
Untuk setiap pembelanjaan melalui website Bata, pelanggan akan mendapatkan benefit lain seperti gratis ongkos kirim (ongkir) dan potongan harga. Kedua promo tersebut bisa dinikmati dengan cara bergabung menjadi anggota Bata Club.
“Gratis ongkir dan diskon dapat dinikmati melalui penukaran poin Bata Club. Website Bata menerima berbagai metode pembayaran, mulai dari transfer bank, kartu kredit, serta e-wallet,” katanya.
Lebih lanjut, Ajay memaparkan bahwa Bata juga melayani pembelian online melalui fitur Bata Chatshop di aplikasi WhatsApp. Untuk mengakses layanan ini, pelanggan bisa mengunjungi tautan bit.ly/chatshopbata, lalu melakukan pemesanan lewat Chatshop Manager.
Untuk setiap pemesanan melalui Bata Chatshop, pelanggan bisa menikmati ongkos kirim flat ke berbagai tujuan pengiriman sebesar Rp 10.000 dan Rp 25.000 dengan minimal pembelanjaan masing-masing Rp 199.000 dan Rp 400.000.
Apabila mengalami kendala saat melakukan pemesanan, pelanggan bisa menghubungi customer service Bata lewat pesan WhatsApp di (+62) 21-5086-4211 atau mengirimkan email ke ke id.customerservice@bata.com.
Sementara itu, untuk pembelian secara langsung di toko Bata, pelanggan bisa memanfaatkan layanan platform omnichannel. Sebanyak 200 toko Bata di seluruh Indonesia telah terintegrasi secara online.
Dengan demikian, manajer toko bisa meminta bantuan toko Bata lain ketika ukuran produk yang dicari konsumen di tokonya habis atau tidak tersedia. Produk tersebut kemudian akan dikirim melalui bantuan jasa ekspedisi ke rumah pelanggan.
“Saat ini, Bata menerapkan omnichannel platform menggunakan sistem Salesforce dan Oracle. Omnichannel platform diberlakukan di 200 toko Bata di seluruh Indonesia, sehingga pelanggan bisa tetap memiliki produk yang sesuai, meski tidak tersedia di toko yang ada di wilayahnya,” tutup Ajay.
Penulis | : | Fathia Yasmine |
Editor | : | Wandha Nur Hidayat |
KOMENTAR