Nakita.id - Berikut ini kunci jawaban Bab 1 Lembar Aktivitas 2 Kisah 3 dan 4 Sejarah Kurikulum Merdeka IPS Kelas X halaman 16-17.
Materi yang dibahas dalam Bab 1 Sejarah Kurikulum Merdeka IPS Kelas X adalah Sejarah: Manusia, Ruang, dan Waktu.
Selain menjawab soal di Lembar Aktivitas 2 Kisah 1 dan 2 halaman 14-15, soal lainnya yang dapat dicoba di buku Sejarah Kurikulum Merdeka IPS Kelas X adalah Lembar Aktivitas 2 Kisah 3 dan 4 di halaman 16-17.
Dalam soal ini, peserta didik diminta untuk menganalisis manfaat yang keempat kisah yang telah disajikan di halaman 14-17.
Namun, sebelum menjawab, peserta didik tentu diharapkan untuk membaca dengan seksama 4 kisah tersebut.
Keempat kisah tersebut diantaranya adalah ‘Kisah 1: Belajar dari Wabah’, ‘Kisah 2: Belajar dari Data Kecelakaan Lalu Lintas’, ‘Kisah 3: Belajar dari Data Laporan Meteorologi Pemerintah Hindia Belanda dan Karya Sastra’, dan ‘Kisah 4: Belajar dari Sejarah Alat Musik Beduk Di Kota Pontianak’.
Soal ini didesain untuk mengajak peserta didik mengenal serta mempelajari apa saja hal-hal yang didapatkan dari peristiwa sejarah yang sudah terjadi saat itu, termasuk manfaatnya.
Tujuannya tentu tak lain adalah untuk mempermudah peserta didik mempelajari sejarah dalam beberapa pertemuan ke depan.
Peserta didik tentu diharapkan untuk mencoba menjawab pertanyaan yang dilontarkan pada buku ini.
Baru setelahnya, peserta didik bisa mencoba mencocokkan jawabannya dengan kunci jawaban yang sudah orangtua siapkan.
Berikut kunci jawaban Bab 1 Lembar Aktivitas 2 Kisah 3 dan 4 Sejarah Kurikulum Merdeka IPS Kelas X halaman 16-17.
Kunci Jawaban Bab 1 Lembar Aktivitas 2 Kisah 3 dan 4 Sejarah Kurikulum Merdeka IPS Kelas X Halaman 16-17
Kunci Jawaban Bab 1 Lembar Aktivitas 2 Kisah 3 Halaman 16
Kisah 3: Belajar dari Data Laporan Meteorologi Pemerintah Hindia Belanda dan Karya Sastra
Berlayar di Tengah Badai: Cuaca di Selat Malaka dalam Catatan Meteorologi dan Sastra, 1850-1885
Referensi: Garadian, Endi Aulia. (2020), “Berlayar di Tengah Badai: Cuaca di Selat Malaka dalam Catatan Meteorologi dan Sastra, 1850-1885”. Jurnal Sejarah. Vol. 3(1), 2020: 1 –16
Pertanyaan:
Dari Kisah 3 tentang data laporan meteorologi tersebut, analisislah manfaat apa yang dapat kalian dapatkan? Tulislah jawaban kalian di buku atau media lain!
Jawaban:
Manfaat yang saya dapatkan adalah bisa mengetahui tentang Selat Malaka yang digunakan sebagai jalur pelayaran dan perdagangan penting pada tahun 1850 hingga 1885.
Kunci Jawaban Bab 1 Lembar Aktivitas 2 Kisah 4 Halaman 17
Kisah 4: Belajar dari Sejarah Alat Musik Beduk Di Kota Pontianak
Sejarah Alat Musik Beduk pada Musik Iringan Tari Melayu di Kota Pontianak
Referensi: Ariandi, Y., Ismunandar, I., & Silaban, C. (2018). “Sejarah Alat Musik Beduk pada Musik Iringan Tari Melayu di Kota Pontianak”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(11).
Pertanyaan:
Dari Kisah 4 tentang alat musik beduk tersebut, analisislah manfaat apa yang dapat kalian dapatkan? Tulislah jawaban kalian di buku atau media lain!
Jawaban:
Manfaat yang di dapatkan berdasarkan cerita di atas adalah kita bisa mengetahui tentang sejarah dari alat musik beduk tersebut, selain itu kita juga dapat mengetahui fungsi dari beduk tersebut.
Pada cerita diatas, selain kita bisa mengetahui sejarah tentang hadirnya beduk itu di Indonesia, kita juga bisa mengetahui bagaimana orang-orang dalam memanfaatkan beduk itu sendiri.
Kita bisa tahu bahwa selain dari kegunaan dalam pemanggilan salat, beduk juga dapat menjadi sarana komunikasi.
Nah, itulah kunci jawaban Bab 1 Lembar Aktivitas 2 Kisah 1 dan 2 Sejarah Kurikulum Merdeka IPS Kelas X halaman 14-15.
Mudah sekali bukan? Jika masih ada yang dibingungkan, bisa ditanyakan kembali ke tenaga pendidiknya masing-masing.
Semoga bermanfaat!
Baca Juga: Jawaban Soal Lengkap Soal Perhitungan Pertumbuhan Ekonomi Kelas XI SMA IPS
Penulis | : | Shannon Leonette |
Editor | : | Cynthia Paramitha Trisnanda |
KOMENTAR