Nakita.id - Di Kurikulum Merdeka, pserta didik diharapkan mengerjakan Latihan Soal Terpadu untuk menguji pemahaman materi lalu.
Kini, materi Latihan Soal Terpadu B nomor 2 mengenai keanekaragaman hayati, sesuai dengan Kurikulum Merdeka.
Pada Kurikulum Merdeka, peserta didik diharapkan supaya bisa memahami keanekaragaman hayati dalam kehidupan sehari-hari.
Berikut soal dan penjelasan kunci jawaban Latihan Soal Terpadu B Nomor 2 poin e, f, g, dan h halamam 210 dan 211.
e. Berikut adalah contoh menu makan siang dan makan malam mahasiswa.
Menu 1 terdiri dari nasi merah, sawi, dan jamur kuping.
Menu 2 terdiri dari nasi putih, kacang panjang, wortel, dan tempe.
Berdasarkan menu tersebut, berikan contoh keanekaragaman hayati yang Kalian temukan dalam hal jenis, spesies, dan ekosistem.
Jawaban Latihan Soal Terpadu B Soal 2 poin e:
- Tingkat keanekaragaman hayati berdasarkan jenis: nasi merah dan nasi putih.
- Tingkat keanekaragaman hayati berdasarkan spesies: sawi, jamur kuping, wortel, tempe, dan kacang panjang.
- Tingkat keanekaragaman hayati berdasarkan ekosistem: tidak ada.
f. Jodohkanlah nama dan kingdom yang sesuai dengan menarik garis.
Jawaban: - Tempe dan jamur kuping masuk dalam kingdom fungi.
- Buah pepaya, sawi, dan nasi masuk ke dalam kingdom plantae.
g. Jika kalian ingin meneliti tentang pengaruh ukuran kotak makanan dengan jumlah sisa makanan, maka identifikasikanlah benar atau salah pernyataan berikut.
1. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah jumlah sisa makanan.
2. Kalian akan membandingkan sisa makanan pada kotak plastik dengan kotak sterofoam.
3. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan menu favorit mahasiswa.
Jawaban: Poin nomor 1 benar karena variabel terikatnya adalah jumlah sisa makanan dan variabel bebasnya adalah ukuran kotak.
Poin nomor 2 salah karena tidak dibahas mengenai bahan kotak makanan.
Poin nomor 3 salah karena peneliti membandingkan jumlah sisa makanan dari berbagai ukuran kotak makanan untuk mencari tahu apakah ada hubungan antara kotak makanan dengan jumlah sisa makanan.
Baca Juga: Kunci Jawaban Latihan Terpadu Soal B Nomor 2 Buku IPA SMA Kelas X Kurikulum Merdeka
h. Setelah ditelaah, ditemukan bahwa makanan sisa selalu kacang panjang.
Apabila petani di daerah tersebut tidak lagi menanam kacang panjang padahal ada ulat dari jenis kupu-kupu tertentu yang hanya memakan daun kacang panjang.
Identifikasilah benar atau salah pernyataan berikut:
1. Populasi kupu-kupu akan meningkat.
2. Burung pemakan ulat akan menurun.
3. Interaksi antara kacang panjang dengan ulat adalah predasi.
Jawaban: Poin nomor 1 adalah salah, karena bila tanaman kacang panjang tidak ada, maka populasi kupu-kupu dari jenis ulat tertentu menurun.
Poin nomor 2 adalah benar, sebab bila jumlah kacang panjang menurun yang diikuti penurunan populasi ulat, maka jumlah burung pemakan ulat akan menurun.
Poin 3 jawabannya benar, karena ulat memakan kacang panjang, sehingga disebut interaksi predasi.
Itulah dia penjelasan mengenai kunci jawaban Latihan Soal Terpadu B Nomor 2 poin e, f, g, dan h halamam 210 dan 211.
Selamat belajar di rumah, ya!
Baca Juga: Kunci Jawaban Soal B Nomor 1 Latihan Terpadu Halaman 206, IPA SMA Kelas X Kurikulum Merdeka
Penulis | : | Kirana Riyantika |
Editor | : | Ratnaningtyas Winahyu |
KOMENTAR