Nakita.id – Ketika menyusun sebuah karya tulis, daftar isi merupakan bagian yang tidak dapat terpisahkan.
Daftar isi berfungsi sebagai petunjuk halaman dari sebuah karya tulis.
Baik itu makalah, skripsi, laporan, buku, dan masih banyak lagi.
Karya tulis yang baik adalah memiliki susunan yang lengkap termasuk menyertakan halaman daftar isi.
Namun dalam membuat daftar isi rupanya banyak yang masih kesulitan supaya susunanya rapi.
Apalagi jika harus membuatnya secara manual, tampilannya menjadi berantakan dan tidak menarik dilihat.
Selain itu, tentu saja cara lama tersebut memakan waktu yang lama dan tidak efisien.
Tapi, sekarang tidak perlu lagi kesusahan dalam membuat daftar isi secara mudah dan cepat.
Moms bisa membuat daftar isi otomatis di Miscrosoft Word dengan mudah dan hasilnya tidak berantakan.
Sudah penasaran bagaimana cara membuatnya?
Berikut ini adalah cara membuat daftar isi secara otomatis di Miscrosoft Word.
Baca Juga: Tolong Catat Ya! Inilah 3 Contoh Kata Pengantar Makalah Terlengkap
1. Membuka dokumen Microsoft Word
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka dokumen yang akan dibuatkan daftar isi.
2. Membuat judul atau subjudul pada dokumen di Microsoft Word
Setelah dokumen terbuka, Moms perlu membuat judul atau subjudul yang akan bagian dalam dokumen makalah atau karya tulis lainnya yang sedang dikerjakan.
3. Sorot dan pilih heading yang sesuai pada judul atau subjudul
Apabila judul atau subjudul sudah dibuat, blok judul atau subjudul untuk memilih tipe heading yang sesuai dengan judul atau subjudul tersebut.
Moms bisa memilih Heading 1 untuk judul atau Heading 2 untuk subjudul, Heading 3 untuk sub subjudul, dan seterusnya.
Setelah memilih tipe heading yang sesuai, kemudian dapat mengatur model heading sesuai dengan yang diinginkan.
4 Memilih halaman kosong pada dokumen untuk membuat daftar isi
Setelah semua heading telah diaktifkan pada semua judul atau subjudul, pilih halaman kosong yang ingin kamu buatkan daftar isi.
Daftar isi biasa diletakkan pada bagian awal halaman karya tulis, lebih tepatnya setelah halaman judul atau kata pengantar.
Baca Juga: Poin-poin yang Harus Ada di Dalam Sebuah Kata Pengantar, Ini Cara Membuatnya!
5. Pilih “References” yang terdapat pada menu bar
Pada halaman kosong yang akan digunakan, untuk membuat daftar isi klik bagian References yang terdapat pada menu bar.
6. Klik “Table of Content” dan pilih jenis atau format daftar isi yang diinginkan
Pilih bagian Table of Content tersebut yang terletak di bagian ujung kiri dalam tab References. Nantinya akan muncul kotak dialog yang berisi beberapa jenis atau format daftar isi. Moms dapat memilih Automatic Table 1 atau Automatic Table 2 untuk daftar isi otomatis.
7. Klik “Update Table” jika ingin melakukan perubahan
Jika telah melakukan penambahan atau melakukan perubahan pada dokumen yang dikerjakan, maka perlu memperbarui daftar isi yang telah dibuat. Dengan cara memilih bagian update table pada kotak di bagian atas kiri daftar isi.
Jika hanya ingin memperbarui nomor halaman, dapat memilih "update page numbers only." Sedangkan apabila Moms ingin memperbarui seluruh bagian daftar isi, termasuk judul bab atau subbabnya, maka dapat memilih "update entire table"
8. Menyesuaikan daftar isi dengan format tulisan
Jika daftar isi telah dibuat dan diperbarui, berikutnya perlu menyesuaikan format tulisan daftar isi yang diinginkan, mulai dari bentuk tulisan, ukuran tulisan, dan format lain yang ingin kamu sesuaikan.
9. Simpan dokumen
Setelah melakukan seluruh tahapan di atas, pastikan sekali lagi bahwa setiap judul atau subjudul yang ada dalam dokumen sudah benar dan sesuai. Kemudian simpan dokumen. Bagaimana mudah bukan? Itu dia adalah cara mudah untuk membuat daftar isi otomatis di Microsoft Word.
Baca Juga: Fungsi Kata Pengantar dalam Sebuah Makalah dan Contohnya, Catat!
Penulis | : | Syifa Amalia |
Editor | : | Nita Febriani |
KOMENTAR