Nakita.id - Di mata pelajaran Bahasa Indonesia SMA kelas XI kurikulum merdeka, ada materi mengenai vlog.
Vlog merupakan akronim dari video blogging atau video log.
Kini, vlog banyak digunakan untuk menyajikan berita.
Banyak orang yang tertarik menyaksikan penyajian berita atau informasi dari vlog.
Sebab, tampilannya lebih menarik dan mudah dipahami.
Kali ini, akan dibahas mengenai menganalisis vlog.
Peserta didik diminta menyaksikan vlog berjudul 'Untuk Bertahan di Tengah Pandemi, Perajin Mebel Ubah Haluan Jadi Produksi Mainan Edukasi'.
Berikut soal dan kunci jawaban Kegiatan 2 halaman 46.
Diharapkan menggunakan kunci jawaban secara bijak.
Peserta didik bisa menjawab pertanyaan semampunya dulu kemudian dicocokkan dengan kunci jawaban untuk menguji sejauh mana memahami isi vlog.
1. Apakah produk yang kini digeluti perajin pada vlog di atas?
Jawaban: Seorang perajin mebel di Malang beralih memproduksi mainan edukasi anak yang terbuat dari kayu khusus untuk sekolah Montessori.
2. Mengapa produk baru ini dipilih oleh perajin? Jelaskan keterkaitannya dengan ciri teks berita kepentingan masyarakat.
Jawaban: Melansir buku Bahasa Indonesia SMA kelas XI, pesanan mebel menurun karena terdampak pandemi sehingga penghasilan perajin mebel menurun.
Ini karena menurunnya pembelian mebel dari masyarakat.
Dengan beralih memproduksi mainan anak dari kayu, pesanan dari sekolah-sekolah Montessori meningkat, baik dari sekolah di dalam negeri maupun dari luar negeri seperti Singapura.
Hal ini berdampak positif terhadap kepentingan masyarakat karena roda ekonomi mulai berputar sehingga penghasilan perajin dan penyedia bahan baku kayu meningkat.
3. Di manakah tempat kerajinan ini diproduksi? Sebutkan salah satu tujuan pengiriman produk tersebut. Jelaskan keterkaitannya dengan ciri teks berita kedekatan lokasi.
Jawaban: Mainan anak ini diproduksi di Malang. Salah satu tujuan pengiriman ekspor adalah negara tetangga, Singapura.
Teks berita ini menarik karena menceritakan keberhasilan perajin di Malang yang terletak di negara Indonesia.
Dalam hal ini kedekatan lokasi adalah negara Indonesia yang menyebabkan teks berita ini menarik bagi penduduk Indonesia.
4. Mengapa produk baru ini lebih menarik? Jelaskan keterkaitannya dengan ekspresi emosional (human interest).
Baca Juga: Penjelasan Lengkap Kunci Jawaban Kegiatan 3 Video 1 Bahasa Indonesia SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka
Jawaban: Keterkaitan antara informasi dan gambar yang ada dalam vlog menunjukkan bahwa jenis permainan dari kayu yang dibuat oleh Yusuf Affandi jenisnya bermacam-macam.
Gambar itu menunjukkan bahwa inovasi yang dilakukan adalah kayu dapat bernilai tambah dalam dunia pendidikan khususnya sekolah-sekolah Montessori.
Kegigihan perajin untuk beralih membuat alat-alat permainan yang menggunakan bahan kayu merupakan salah satu ekspresi emosional yang dapat menarik simpati pembaca.
Ketertarikan terhadap bidang pendidikan anak atau mainan edukasi anak juga dapat menjadi salah satu ekspresi emosional yang menarik bagi pembaca dari kalangan pendidikan dan orang tua biasa.
5. Apakah yang diharapkan oleh pembuat vlog kepada kita saat memirsa
dan menyimak vlog tersebut?
Jawaban: Harapan pembuat vlog adalah mengajak pemirsa untuk selalu gigih, tidak patah semangat, dan selalu berinovasi karena dalam keterbatasan selalu ada jalan untuk bertumbuh.
Ketika terus berusaha meski di masa sulit, niscaya akan mendapatkan kesuksesan.
Jadikan setiap kondisi yang ada sebagai pembelajaran untuk terus maju.
Itulah dia kunci jawaban Bahasa Indonesia SMA kelas XI kurikulum merdeka halaman 46.
Semoga bermanfaat!
L'Oreal Bersama Perdoski dan Universitas Indonesia Berikan Pendanaan Penelitian dan Inovasi 'Hair & Skin Research Grant 2024'
Penulis | : | Kirana Riyantika |
Editor | : | Kirana Riyantika |
KOMENTAR